Pemko Banjarmasin Siapkan Dana Rp 34 Miliar untuk Pelaksanaan PPKM Level IV


hallobanua.com, Banjarmasin - Mulai hari ini, Senin, (26/07/21), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Kota Banjarmasin, resmi dilaksanakan. 

Pelaksanaan PPKM ini sesuai ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 440/02/-P2P/Diskes, dan tindaklanjut dari Inmendagri Nomor 23 Tahun 2021. 

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pun menggelontorkan dana mencapai Rp. 34 Miliar guna memuluskan pelaksanaan PPKM level IV ini. 

"Anggaran yang masuk ke Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) sekitar Rp 34 M. Tersebar di seluruh SKPD," ucap Walikota Banjarmasin Ibnu Sina saat jumpa pers di rumah dinas, Minggu (25/07/21) tadi. 

Dana puluhan miliar rupiah tersebut ujar Ibnu, berasal dari refocusing atau realokasi anggaran. 

Bukan hanya untuk memenuhi keperluan pelaksanaan PPKM level IV, diketahui dana tersebut juga digunakan untuk penanganan Covid-19 selama semester kedua ini. 

"Paling besar dana itu ada tiga SKPD. Yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Sosial (Dinsos) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Termasuk juga nantinya pelaksanaan operasi yustisi di Satpol PP," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi menerangkan, untuk di instansinya sudah dialokasikan anggaran hingga Rp3,7 M, selama penerapan PPKM level IV. 

Menurut Machli, dana tersebut dipersiapkan untuk penambahan tempat tidur dan pembelian Alat Kesehatan lainnya. Termasuk juga untuk dana insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) dan gaji relawan. 

"Dana ini akan kita gunakan untuk berbagai keperluan di bidang kesehatan selama PPKM level IV berlangsung," pungkasnya. 

rian akhmad/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!