Pemko Tak Punya Anggaran, Warga Terdampak PPKM Level 4 Belum Bisa Terima Bansos


Hallobanua.com, Banjarmasin - Warga Kota Banjarmasin, khususnya mereka yang terdampak PPKM Level IV,  nampaknya harus bersabar.  Pasalnya, Pemko Banjarmasin saat ini belum bisa memberikan bantuan sosian (bansos), mengingat saat ini Pemko sendiri belum memiliki anggaran lantaran belum melakukan refocusing anggaran. 

“Terus terang, kita saat ini belum punya anggaran untuk memberikan bantuan secara langsung kepada warga dari APBD Kota Banjarmasin. Kita belum.melakukan refocusing anggaran, ” ujar Walikota H Ibnus Sina, belum lama tadi. 

Sementara kata Ibnu, pemerintah  menggelontarkan dana sebesar Rp 34 M untuk penerapan PPKM level IV di Kota Banjarmasin. Dana puluhan miliar rupiah tersebut berasal dari refocusing atau realokasi anggaran. 

Selain untuk memenuhi keperluan pelaksanaan PPKM level IV, dana tersebut juga digunakan untuk penanganan Covid-19 selama semester kedua. 

Kendati demikian, Ibnu menyatakan bahwa bansos PPKM dari pemerintah pusat tetap ada. Bahkan, sudah mulai disalurkan sejak Minggu (25/07/21) tadi. 

Bansos yang dimaksud yakni uang tunai senilai Rp 600 ribu dan beras 10 kilogram. 

Dilanjutkan Ibnu, warga yang mendapat bansos tersebut, adalah mereka yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Adapun penerima tersebut berasal dari program Bantuan Sosial Tunai sebanyak 10.173 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan 13.667 KPM. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!