PPKM Level 2, Walikota Himbau Masyarakat Jangan Terlena

Hallobanua.com, Banjarmasin - Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 23 tahun 2021, Kota Banjarmasin resmi berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) level 2. 

Hal itu disampaikan langsung Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kota Banjarmasin, di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu, (21/07/21). 

"Sehingga status Banjarmasin masih dilevel 2, hampir menuju level 3," ucap Ibnu Sina. 

Diketahui dalam Inmendagri tersebut, status PPKM terbagi 4 yakni, yakni level 1 hingga level 4. 

Kriteria tersebut yakni zona hijau untuk level 1, kuning level 2, orange level 3 dan merah level 4. 

Selain itu, mengantisipasi lonjakan kasus di Kota Seribu Sungai, pihaknya juga menyiagakan yakni menambah kapasitas 50 persen tempat tidur di rumah sakit. 

"Kita Insyaalah siap penambahan sesuai komitmen bersama seluruh pimpinan rumah sakit. Mulai dari 490 sekiat, kita sampai 1000 tempat tidur," katanya. 

Selain itu, Pemko Banjarmasin juga bekerjasama dengan PT. PLN (persero) untuk memberikan jaminan kepada PT Samator, selaku pensuplai oksigen ke seluruh rumah sakit yang menangani Covid-19. 

"Insyaallah tidak terjadi kelangkaan oksigen, suplainya masih stabil dan mudah mudahan tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19," imbuhnya. 

Namun kedepannya jika terjadi lonjakan kasus signifikan di kota Seribu Sungai, merujuk ke PPKM level 3, tak menutup kemungkinan pihaknya akan menarik rem darurat. 

"Jadi semuanya libur, kegiatan masyarakat libur, perekonomi libur. Ini penting untuk diantisipasi," pungkasnya. 

Ia pun menghimbau masyarakat agar jangan terlena dengan status PPKM level 2 di Banjarmasin. 

"Ini mulai lagi ada peningkatan, kita harus waspada lagi," tutup Ibnu. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!