Ratusan Warga Binaan Lapas Karang Intan Ikuti Sholat Idul Adha 1442 Hijriah


hallobanua.com, Martapura -Gema takbir berkumandang ke seluruh penjuru saat ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, melaksanakan sholat Idul Adha 1442 H/2021 M di lapangan dalam Lapas, Selasa (20/7/21). 

Bertindak selaku khatib Ustadz H. Badaruddin dari Kementerian Agama Kabupaten Banjar menyampaikan tentang fadillah berkurban yang merupakan perintah Allah. 

Yakni melalui kisah nabi Ibrahim yang mendapatkan wahyu berupa mimpi menyembelih anak kesayangannya, Ismail. 

Mimpi tersebut merupakan perintah dari Allah yang menguji keimanan dan ketaatan Nabi Ibrahim kepada-Nya. 

Dengan rela dan ikhlas, Nabi Ibrahim dan puteranya Ismail pun mematuhi dan melaksanakan perintah tersebut. 

Di balik kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Lalu menjadi dasar kewajiban berkurban yang dilaksanakan setiap umat muslim hingga hari ini. 

Melalui kewajiban ibadah berkurban, umat muslim diperintahkan untuk bersedekah, saling menolong, memberi, dan mengasihi terhadap sesama. Dengan begitu, kehidupan manusia dapat berjalan dengan damai, rukun, dan sejahtera. 

Dalam kesempatan ini, Kalapas Karang Intan, Wahyu Susetyo mengucapkan selamat Idul Adha 1442 H bagi seluruh warga binaan maupun petugas Lapas Karang Intan. 

“Selamat merayakan hari raya Idul Adha 1442 H bagi seluruh warga binaan, juga petugas Lapas Karang Intan, kegiatan ini sebagai wujud ketaqwaan kita kepada Allah, juga sebagai pelaksanaan pembinaan kerohanian dan kepribadian bagi warga binaan semua,”ujar nya didampingi Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi,Pengelolaan Baran Basan dan Keamanan Kanwil Kalimantan Selatan, Muhammad Susani. 

Tahun ini, Lapas Karang Intan memotong hewan kurban sebanyak 8 (delapan) ekor, terdiri dari 5 (lima) ekor sapi dan 3 (tiga) ekor kambing yang merupakan bantuan dari warga binaan, pejabat struktural dan Koperasi pihak ke-3 yang ada Lapas Karang Intan. Daging-daging ini nantinya dibagikan kepada warga binaan dalam hidangan siap konsumsi, dengan terlebih dahulu dimasak pada dapur Lapas. 

Pelaksanaan sholat Ied Idul Adha 1442 H di Lapas Karang Intan berjalan dengan dengan khusuk, tertib, aman dan kondusif juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

dky/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!