September Jembatan Alalak Rampung, Ibnu Sina: Menjadi Ikon Baru di Provinsi Kalimantan Selatan

hallobanua.com, Banjarmasin – Jembatan Sungai Alalak dijadwalkan akan rampung pada September 2021 nanti. Jembatan penghubung Kota Banjarmasin-Barito Kuala itu, seperti diharapkan oleh Walikota H Ibnu Sina dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, sekaligus juga menjadi ikon baru di Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal itu disampaikan H Ibnu Sina saat menerima kunjungan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Wilayah I Kalimantan Selatan Direktorat Jenderal Bina Marga beserta jajarannya, belum lama tadi di Balai Kota.

Kepala BPJN Kalimantan Selatan Syauqi Kamal mengatakan, Saat ini progres kontruksi Jembatan Alalak mencapai 90,30% dan direncanakan selesai pada September 2021. 

Masa pelaksanaan pekerjaan fisik akan berakhir pada tanggal 15 September 2021 dengan masa pemeliharaan selama 2 tahun.

Sekedar informasi, Jembatan Sei Alalak dibangun untuk menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Bentang utama jembatan Sei Alalak dirancang dengan menggunakan cable-stayed dan struktur jembatan lengkung dan pertama di Indonesia. 

Pekerjaan Jembatan Sei Alalak mengunakan dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018 - 2021 senilai Rp 278 miliar dengan kontraktor PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-PT Pandji, KSO dengan skema pekerjaan tahun jamak (multiyears).

Pembangunan Jembatan Sei Alalak didesain untuk dapat dilintasi kendaraan dengan tonase maksimal 10 ton. Selain itu, juga telah diperhitungkan kekuatan jembatan ini dengan konstruksi tahan gempa, dan masa layanan hingga 100 tahun.

Lingkup pekerjaan pembangunan jembatan meliputi bentang utama dengan struktur cable - stayed sepanjang  130 meter, jembatan pendekat yaitu struktur pileslab 125 meter, dan pekerjaan oprit jembatan dengan panjang 425 meter.

Tim Liputan/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!