Stok Oksigen Tiba di Banjarmasin


Hallobanua.com, Banjarmasin - Memenuhi kebutuhan oksigen yang semakin menipis disejumlah rumah sakit di Kalimantan Selatan (Kalsel), sebanyak 3 ISO Tank Liquid Oksigen didatangkan langsung dari Surabaya ke Banjarmasin. 

Kedatangan kurang lebih 58 ton Liquid Oksigen tersebut langsung dipantau Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, yang dibawa langsung KM Meratus Kendari 1, saat tiba di Pelabuhan Trisaksi pada Minggu (25/07/21) malam. 

Sebelumnya beredar kabar bahwa pasokan oksigen dibeberapa rumah sakit di Kalsel menipis. 

Bahkan di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin, dikabarkan stok oksigen tinggal hitungan jam. 

Pj Gubernur Kalsel mengatakan, pada waktu normal, stok oksigen sebanyak itu dapat digunakan untuk 1 minggu. 

Akan tetapi, ia memprediksi bahwa kemungkinan kondisi ini hanya akan bertahan sampai 3 hingga 4 hari penggunaan. 

“Tapi tidak perlu khawatir, karena kita juga akan dapat kiriman dari Bontang. Selain dari perusahaan yang ada di Kalsel yang bisa memproduksi untuk 600 tabung,” ucapnya saat meninjau bongkar muat oksigen, Minggu, (25/07/21) malam. 

Selain itu, pihaknya juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Oksigen agar penyaluran oksigen terdistribusi dengan baik kepada rumah sakit yang cadangan oksigennya menipis. 

Ia pun telah meminta penggunaan oksigen yang datang dikonsentrasikan untuk pemenuhan medis dibanding perusahaan-perusahaan yang juga menggunakan oksigen dalam operasionalnya. 

“Jadi kita minta untuk konsentrasi dan prioritasnya kepada rumah sakit,” terangnya. 

Tidak hanya itu, untuk distribusi oksigen tidak terputus di tengah kebutuhan yang semakin meningkat, Safrizal pun meminta kepada perusahaan Meratus Line untuk memprioritaskan ISO Tank yang membawa oksigen ke Kalsel untuk naik ke kapal dari pada barang lain. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!