Tingkatkan Herd Immunity, Vaksinasi Sasar Masyarakat Umum hingga Usia di Atas 12 Tahun


hallobanua.com, Banjarmasin - Vaksinasi di Kota Banjarmasin terus digencarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin. 

Terhitung sejak 1 Juli lalu, Dinkes kembali memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. 

Adapun sasarannya yakni seluruh warga kota Banjarmasin yang berusia 12 tahun ke atas. 

Tidak hanya itu, vaksinasi Covid-19 juga menyasar warga luar daerah, namun menetap di Banjarmasin untuk bekerja. 

"Dari hasil evaluasi vaksinasi untuk pelayanan publik dan lansia. Dimana untuk pelayanan publik sudah 100 persen lebih. Jadi kita perluas sasarannya untuk masyarakat umum. Dan sudah dilaunching oleh Pak Walikota," ucap Kadinkes Banjarmasin, Machli Riyadi belum lama tadi. 

Untuk masyarakat yang ingin mendapatkan layanan vaksinasi ini, ujar Machli yakni hanya datang ke Puskesmas terdekat dengan membawa E-KTP. Termasuk para remaja, juga disarankan untuk datang ke pelayanan kesehatan pertama tersebut. 

"Terkecuali yang sifatnya komunal atau berkelompok, seperti di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau panti-panti asuhan maka kita yang akan datang," pungkasnya. 

Hingga saat ini, stok vaksin untuk masyarakat umum yang tersedia di Dinkes Kota Banjarmasin sebanyak 656 vial. Machli mengaku bahwa vaksin disediakan secara bertahap. 

"Kalau habis kita minta lagi. Apalagi Presiden sudah menginstruksikan 1 juta warga divaksin dalam sehari. Dan kita harus mendukung hal itu. Bahkan kita harus selangkah di depan dari kabupaten kota lain," tandasnya. 

Jubir Satgas Covid-19 Kota Banjarmasin tersebut juga mengimbau agar masyarakat kota Seribu Sungai bisa memanfaatkan layanan vaksin tersebut. 

Bukan tanpa alasan, hal itu untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok di kota Banjarmasin. 

"Mumpung gratis, karena mulai 1 juli lalu juga vaksinasi berbayar sudah dimulai. Lumayan biayanya, satu kali vaksin Rp500 ribu," tutupnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!