ULM Masih Kekurangan Calon Mahasiswa Baru di 12 Program Studi

Dr. H Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd,  Wakil Rektor Bidang Akademik ULM

hallobanua.com, Banjarmasin – Pasca diumumkannya calon mahasiswa yang diterima melalui jalur Mandiri di Universitas Lambung Mangkurat tahun 2021, Jumat 23 Juli 2021 kemarin, ULM masih menyisakan kursi sebanyak 450 di 12 program studi (prodi).

Dari 68 jumlah program studi di ULM, di  12 prodi yang saat ini masih diharapkan dapat memenuhi kuota, kembali akan diperebutkan bagi calon mahasiswa baru dengan melakukan pendaftaran kembali melalui jalur mandiri dengan sistem online dilaman penerimaan mahasiswa baru ULM tahun 2021.

“Bagi yang tidak lulus, masih ada kesempatan untuk kembali mengklik dan mengakses di 12 program studi yang masih menyisakan kursi. Calon pendaftar tinggal memperhatikan prodi prodi mana saja yang kursinya masih kosong, namun hanya cukup satu klik saja untuk memilih prodi yang diinginkan,” ujar Dr. H Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd,  Wakil Rektor Bidang Akademik ULM, saat dihubungi hallobanua.com.

Dikatakan Aminuddin, dari 68 jumlah program studi di ULM, dan 12 prodi yang dinyatakan masih kekurangan calon mahasiswa, namun sisanya diprodi lainnya sudah terpenuhi.

Ditambahkannya, masih kurangnya peminat bagi calon mahasiswa di 12 prodi tersebut, salah satunya disebabkan oleh faktor perubahan mindset bagi calon mahasiswa terlebih di saat pandemi Covid 19 ini.

Masih kata Aminuddin, grafik peminat calon mahasiswa di ULM tahun ini lumayan bagus. 

“Sebetulnya minat calon mahasiswa di ULM tahun ini lumayan bagus, hanya saja ada beberapa prodi yang memang belum banyak dipilih oleh pendaftar, mereka lebih condong memilih bebertapa prodi dan fakultas unggulan yang peminatnya setiap tahun trendnya selalu meningkat,” ungkap Aminuddin.

Tahun ini saja, ujar pria dikenal ramah ini, tercatat sebanyak 5.500 lebih calon mahasiswa yang mendaftar. Angkanya naik jika dibandingkan tahun sebelumnya hanya sekitar 4 ribu an saja.

“Artinya kan peminat calon mahasiswa untuk mendaftar di Ulm masih tinggi. Hanya saja, yang diperebutkan baik melalui jalur prestasi, UTBK SMBTN masih didominasi beberapa fakultas dan prodi yang berkualitas dan memiliki nilai akreditasi A,” timpalnya.

Sementara itu, berdasarkan surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh ULM, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus melalui jalur seleksi Mandiri, selanjutnya akan dilaksanakan proses daftar ulang pada 4 hingga 7 Agustus 2021.

Dan, semua calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti pendaftaran tes kesehatan pada 26 hingga 29 Juli 2021, selanjutnya tes kesehatan akan dilaksanakan pada 30 Juli sampai dengan 3 Agustus 2021.

Sedangkan bagi calon mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Universitas Lambung Mangkurat tidak mendaftar ulang sampai dengan tanggal batas akhir jadwal daftar ulang, maka haknya sebagai calon mahasiswa dinyatakan batal.

Tim Liputan/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!