Walikota Ibnu Sina Kembali Tekankan Penerapan PPKM Level IV Dilakukan Persuasif dan Humanis

hallobanua, Banjarmasin - Pasca dikeluarkannya Surat Edaran (SE),  perihal dilaksanakan PPKM Level IV, Pemko Banjarmasin sudah mulai memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat. 

Rencananya, besok Rabu 28 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021, Pemko Banjarmasin akan  memberlakukan 18 poin seperti yang tertuang  di Surat Edaran Nomor 440 /02-P2P/Dinkes Kota Banjarmasin tentang Penetapan PPKM Level IV di Kota Banjarmasin. 

Untuk memaksimalkan pelaksanaan PPKM Level IV tersebut, Walikota H Ibnu Sina, saat ini pihaknya  rutin melakukan operasi yustisi di tengah masyarakat. 

Namun, dilakukan secara persuasif dan humanis agar tidak memimbulkan gejolak di masyarakat yang twrdampak PPKM Level IV. 

"Ya sudah kita amanatkan pada poin pertama. Jangan sampai terjadi seperti viral di media sosial terkait arogansi aparat penertiban karena warga juga kesulitan saat ini," tekannya. 

Adapun bagi mereka yang kedapatan melanggar prokes saat operasi yustisi, diakui Ibnu Sina hanya teguran saja dan tidak ada tindak pidana sebagaimana yang surat edaran yang tidak mencatum saksi, bagi yang melanggara.

"Kalau disurat edaran tidak ada saksi dalam bentuk pidana tidak disebutkan. Nanti penegakan hukumnya bisa satgas melaporkan atau memperkarakan hal-hal terkait pelanggaran prokes. Tetapi itu langkah terakhir yang bisa dilakukan yang pasti teguran pertama dulu dan diingatkan," kata Ibnu. 

Ibnu pun berharap, resminnya penetapan PPKM level IV ini, warga kota Banjarmasin bisa mematuhi ketentuan yang telah disampaikan dalam SE agar upaya-upaya Pemko Banjarmasin untuk menangulangi penyebaran virus Covid-19 dan mengurangi peningkatan kasus positif di Banjarmasin. 

"Kami berharap sekali ketaatan warga sangat kita perlukan hari ini. Agar upaya-upaya yang kita lakukan ini berbuah hasil sehingga angka-angka Covid-19 ini sebagaimana zona hijau dan kuning di Banjarmasin sudah berlangsung kurang lebih 4 bulan kita berada di zona itu. Tapi memang dalam pekan terakhir sudah masuk zona orange mudah-mudahan jangan sampai zona merah," pungkasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!