731 Warga Binaan Lapas Narkotika Karang Intan Dapat Remisi


Hallobanua.com, Martapura -  Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan mendapatkan remisi, tepat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia 2021, kemarin. 

Kepala Lapas Karang Intan, Wahyu Susetyo mengatakan dari total 731 warga binaan, 40 di antaranya mendapatkan remisi khusus seluruhnya dan langsung menjalani subsider. 

“Kita mengajukan sebanyak 731 orang warga binaan untuk mendapatkan remisi umum 2021, dan alhamdulillah semua disetujui," katanya. 

Remisi yang diserahkan kepada perwakilan warga binaan, besarnya pun bervariasi mulai 1 hingga 6 bulan. 

“Remisi umum yang mereka dapatkan ini, diharapkan bisa menjadi motivasi, penyadaraan diri, yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari juga mereka semakin optimis dalam menjalani pembinaan di Lapas Narkotika Karang Intan,” tutur Wahyu. 

Sementara itu, Rustam salah seorang warga binaan yang mendapatkan remisi, mengaku bersyukur mendapatkan remisi sehingga makin dekat waktu berkumpul dengan keluarga. 

“Alhamdulillah mendapatkan masa potongan selama 6 bulan sehingga semakin dekat waktu berkumpul dengan keluarga”, tutup nya. 

Remisi Umum tahun 2021 diberikan kepada narapidana yang telah terpenuhinya syarat administratif dan substantif, diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan (dengan hukuman dibawah 5 tahun, atau hukuman diatas 5 tahun dengan justice collaborator), tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan. 

Pemberian remisi atau pengurangan masa pidana diberikan kepada narapidana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomo 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, dan PP Nomor 99 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas PP  Nomor 32 Tahun 1999 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP. 

Dky/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar