Covid-19 Mengancam Para Penghuni Panti Jompo

hallobanua.com, Banjarbaru - Covid-19 kini tengah mengancam penghuni Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera, Kalimantan Selatan. 

Kepala PSTW Budi Sejahtera Kalsel, Surya Fujianorrochim mengungkapkan dalam sepekan terakhir sudah ada empat lansia karena terpapar Covid-19. 

Meski keempat lansia yang meninggal dunia belum sempat menjalani tes PCR. Akan tetapi menurutnya, hampir dipastikan juga terinfeksi virus corona. 

"Karena gejalanya sama dengan yang dinyatakan positif PCR," katanya. 

Sebab, dalam beberapa pekan lalu dari sebanyak 66 orang dinyatakan positif saat di tes Swab Antigen dimana 18 di antaranya hasil PCR nya juga positif Covid-19. 

"Jadi, kemungkinan besar yang belum tes PCR juga positif Covid-19," ucapnya. 

Saat ini dari 66 orang yang positif sudah ada 34 yang sembuh setelah menjalani perawatan. Sementara 28 orang sisanya masih dirawat. 

"Karena empat lainnya meninggal dunia. Dari 28 orang yang masih positif, ada 10 lansia yang kondisinya mengkhawatirkan. Saat ini masih dirawat secara khusus di klinik," terangnya. 

Meski begitu, dia bersyukur karena Dinas Kesehatan Kalsel dan Dinas Kesehatan Banjar terus membantu mereka dengan menyediakan alat tes antigen, APD dan obat-obatan. 

"Karena petugas kita keluar masuk panti. Kadang ada yang belanja ke pasar, kita tidak tahu tertularnya dari mana," bebernya. 

Untuk sementara Panti sendiri saat ini ditutup untuk umum. Bahkan untuk pengunjung tidak diperbolehkan datang demi keamanan para lansia. 

Dky/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar