52 Lurah Dapat Motor Listrik, Walikota: Mendukung Program Ramah Lingkungan Kota Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 52 lurah se-Kota Banjarmasin mendapatkan motor listrik yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, di Lobi Balai Kota Banjarmasin, pada Selasa, (28/09/21) pagi. 

Pengadaan motor listrik tersebut ujar Ibnu dalam rangka msndukung program hemat energi dari pemerintah untuk mengurangi emisi karbon. 

"Tentunya ini mendukung program kota Banjarmasin yang ramah lingkungan, dan sesuai program nomor 7 SDGs, terkait dengan energi hijau," katanya. 

Selain itu, penyerahan motor listrik secara simbolis itu juga untuk mengapresiasi kinerja lurah dalam melaksanakan tugas. 

"Jadi sehari-hari sambil mensosialisasikan juga tentang energi ramah lingkungan kepada masyarakat," terangnya. 

Tidak hanya itu, untuk menunjang kebutuhan listrik pada motor tersebut, Pemko Banjarmasin bekerjasama dengan PT PLN bakal membangun Stasiun Pengisian Listrik (SPL) di 5 Kecamatan di Kota Banjarmasin. 

"Tiap kantor kecamatan itu 1 SPL, serta 1 nanti di Balai Kota. Karena kalau charge di rumah itu perlu waktu sekitar 5 jam sampai full. Tapi kalau di SPL, itu hanya 1 jam sudah full," ujar Ibnu. 

Dipaparkannya lagi, jika sekali full, motor listrik tersebut bisa menempuh jarak sampai 200 kilometer. Tentunya hal itu, sangat hemat energi. 

"Biaya harian dan bulanan jadi sangat murah. Kalau mobil saja misalnya pajaknya sampai jutaan, kalau ini, ratusan ribu saja," tuturnya. 

Pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai itu pun berharap, penggunaan motor listrik ini juga bakal diberikan kepada SKPD di Kota Banjarmasin. 

"Mohon ini bisa ditindak lanjuti oleh kawan-kawan di SKPD teknis. Tentunya untuk mendukung Kota Banjarmasin yang ramah lingkungan," pungkasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!