Berstatus Waspada Banjir, Pemko Maksimalkan Pembersihan Sungai dan Drainase

hallobanua.com, Banjarmasin - Tingginya intensitas hujan di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan , membuat Pemerintah Kota (pemko) Banjarmasin mengeluarkan status waspada banjir. 

Terkait hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Edy Wibowo, pun mengatakan, status waspada banjir dikeluarkan berdasarkan hasil koordinasi Pemko Banjarmasin, bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel dan BMKG. 

"Sekarang statusnya sudah waspada banjir, karena masuk musim hujan," ucap Edy Wibowo belum lama tadi. 

Selain itu, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pembersihan sungai dan drainase. 

Mengingat, saat musibah banjir awal tahun tadi, diketahui penyebab utamanya adalah sumbatan-sumbatan yang ada di sungai dan drainase. 

Adapun sumbatan terjadi mulai dari tumpukan sampah maupun bangunan yang berdiri diatas sungai. 

"Kalau berkaca banjir tahun tadi, Banjarmasin Timur dan Selatan yang paling terdampak. Kita juga sudah tugaskan tim kebersihan sungai untuk turun. Paling tidak bisa mengantisipasi banjir," pungkasnya. 

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengaku, sudah dilakukan perbaikan drainase guna memperlancar saluran. 

"Kita sudah lakukan perbaikan drainase. Dan sebentar lagi juga akan dilanjutkan normalisasi sungai, karena anggarannya di perubahan sudah diketuk. Termasuk juga pembongkaran jembatan-jembatan yang tidak standar," ungkapnya saat dijumpai awak media. 

Disamping itu, Ibnu mengaku juga telah menginstruksikan seluruh lurah dan satgas kebersihan di masing-masing wilayah serta relawan BPK dan Balakar, untuk melakukan gotong royong membersihkan drainase guna mengantisipasi terjadinya banjir. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!