Capaian Vaksinasi di Banjarmasin Belum Tercapai, Banjarmasin Masih PPKM di Level 4, Ibnu: Beberapa Sektor Dilonggarkan

hallobanua.com, Banjarmasin - Dalam Instruksi dalam Negeri (Inmendagri) nomor 44 tahun 2021, diketahui bahwa Banjarmasin masih melanjutkan penerapan PPKM level IV. 

Menyikapi itu, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina pun mengaku menerima status tersebut, meskipun sebelumnya Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto, mengumumkan jika PPKM Level IV di Kalimantan Selatan (Kalsel) tinggal Kabupaten Kotabaru. 

Sedangkan untuk Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru turun level PPKM nya ke level III. 

Meski memberlakukan level IV, Ibnu mengaku masih akan menerapkan beberapa pelonggaran seperti Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

"Kami arahkan Kadisdik untuk tetap bisa melaksanakan PTM. Dan yang lainnya seperti pariwisata itu biasa dengan 25 persen dilonggarkan," ungkap Ibnu. 

Sedangkan untuk operasional sektor ekonomi seperti mall yakni 50 persen. Sedangkan kegiatan olahraga seperti sanggar senam  50 persen. 

"Kalau seperti siring itu bisa buka, namun dengan prokes ketat dan 25 persen kapasitas, dan itu tentunya juga harus disimulasikan betul. Jangan sampai nanti tidak terkendali," bebernya. 

Ibnu mengaku, 3 indikator leveling di Kota Seribu Sungai sudah berada di level II dan III. Namun, adanya tambahan kriteria yakni vaksinasi yang masih rendah yakni berada di angka 43 persen membuat Banjarmasin masih bertahan PPKM level IV. 

"Jadi kalau yang 3 indikator itu, kita sudah berada dibawah level III, cuma yang ini tambah kriteria yaitu capaian vaksinasi harus diatas 50 persen," ungkap Ibnu. 

Ia pun memastikan kegiatan perekonomian akan terus dilakukan seperti biasa, meskipun Banjarmasin masih berada di PPKM level akhir. 

"Sama, jadi ini level IV rasa level III sebenarnya. Kita tetap berkegiatan seperti level III," pungkasnya. 

Pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai itu pun menghimbau seluruh warganya untuk selalu disiplin prokes serta menghimbau untuk masyarakat mengikuti vaksinasi dari pemerintah. 

"Walaupun kita dilevel IV, pelonggaran itu kita tetap lakukan seperti di kevel IIl, taoi tetap disiplin prokesnya kita. Kami minta jangan terjadi lagi penumpukan, nanti kami minta Satpol PP untuk memastikan tidak terjadi kerumunan," tutup Ibnu 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!