Dinkes Himbau Orangtua Siswa Mengisi Form Persetujuan Vaksinasi

hallobanua.com, Banjarmasin - Dari 19 ribu lebih target vaksinasi pelajar di Kota Banjarmasin, rupanya baru 10.402 siswa yang diberi izin orangtuanya untuk menjalani vaksinasi. 

Menyikapi itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi pun terus menghimbau orangtua siswa agar mengisi form persetujuan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin, yang dikirimkan ke orang tua siswa. 

"Maka dari itu, kami meminta agar orangtua siswa sesegeranya mengisi formulir persetujuan, agar persiapan PTM kita bisa matang dan bisa kita mulai," ungkap Machli saat pemantauan vaksinasi pelajar, baru-baru tadi.

Menurutnya vaksinasi ini juga dapat membantu mempercepat pembentukan herd immunity di Banjarmasin, khususnya ditingkat pelajar. 

Meski begitu, ia mengapresiasi antusias para pelajar yang mengikuti vaksinasi Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin tersebut. 

"Animo pelajar kita untuk bervaksin cukup tinggi. Mereka rata-rata ingin bervaksin. Dan beberapa sekolah yang kami kunjungi alhamdulillah berjalan tertib dan lancar," ungkapnya. 

Selain itu, Machli menjelaskan vaksin sinovac yang disuntikkan ke tubuh siswa efek sampingnya masih terbilang rendah dengan dosis 0,5 mg. Sehingga masih aman jika diinjeksikan ke tubuh siswa. 

"Setelah divaksin para siswa disuruh istirahat sementara waktu di lokasi yang sudah disediakan untuk evaluasi efek apa yang terjadi pada tubuh siswa usai disuntik vaksin. Tapi alhamdulillah sejauh ini belum ada efek bawaan vaksin yang dialami siswa," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Bajarmasin, Totok Agus Daryanto memaparkan, target sasaran vaksinasi siswa ini di Banjarmasin merupakan siswa kelas VII VIII dan IX yang notabenenya masuk dalam usia penerima vaksin 12 sampai 17. 

"Sementara ini, targetkan sekitar 5.670 siswa untuk 9 SMP. Lalu disambung hari Sabtu nanti ada lagi vaksinnya untuk sekolah lainnya dan tetap tergantung dari ketersediaan vaksin di puskesmas terdekat," tuturnya. 

Nantinya, pemberian vaksinasi tahap kedua juga akan dilakukan di masing-masing sekolah. 

"Tentu ketika setelah siswa di 35 sekolah di vaksin semua," pungkasnya. 

rian akhmad/may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!