Disdag Kalsel Tinjau Rencana Relokasi Pasar Saring Sungai Bubu Tanbu

Disdag Kalsel saat meninjau rencana relokasi di Kecamatan Kusan Tengah (Foto: Diskominfo Tanbu)

hallobanua.com, Tanah Bumbu – Guna meningkatkan ekonomi masyarakat daerah di Tanah Bumbu, Tim dari Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan meninjau lokasi rencana yang akan menjadi relokasi pasar di desa Saring Sungai Bubu, Kamis (9/9/21). 

Perwakilan Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagri) Tanbu, Solihin mendampingi langsung tim menjelaskan, Pasar Desa Saring Sungai Bubu akan direlokasi setelah melihat kondisi perkembangan wilayah itu. 

Ia memaparkan, letaknya yang dekat dengan pusat pemerintahan Kecamatan Kusan Tengah tentu menjadikan pasar tersebut layak menjadi Pasar Kecamatan. 

“Pasar ini menjadi tempat beberapa warga desa di sekitarnya berbelanja. Jadi pasar ini bisa menjadi pasar Kecamatan,” kata Solihin. 

Disamping itu, pemerintah daerah (Pemda) juga sudah menyiapkan lokasi baru untuk relokasi, dan saat ini sedang dalam proses ganti rugi dengan luas sekitar 7.000 meter persegi. 

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, H Birhasani menyatakan ada beberapa syarat harus dipersiapkan Pemkab Tanbu agar relokasi pasar itu bisa direalisasikan. 

Seperti, Pemkab harus menyiapkan proposal diantaranya berisi tentang manfaat akan didapatkan wilayah itu setelah pasar dipindahkan. Selain itu, diperlukan juga persetujuan pedagang untuk dipindahkan, serta foto saat pasar aktif. 

“Kalau dilihat lokasi, ini sudah layak, karena jaraknya dari embrio pasar sekitar 300 meter,” ujarnya. 

Birhasani mengutarakan, kegiatan ini merupakan program nasional untuk revitalisasi pasar yang ada di seluruh Indonesia, baik itu pasar harian, pasar mingguan maupun pasar induk. 

Di Bumi Bersujud sendiri, rencananya juga akan dilakukan revitalisasi Pasar Satui. 

Ags/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!