Festival Sahang 2021, Wali Kota Harapkan Menjadi Warisan UNESCO

hallobanua.com, Banjarmasin - Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin, menggelar Festival Sahang 2021, Jalur Rempah Bajarmasin, di Parking Area Swissbell Hotel Banjarmasin, Sabtu, (11/09/21). 

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengungkapkan rasa syukur begitu besar. Pasalnya kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian Hari Jadi  Kota Banjarmasi ke-495. 

"Kami dari Pemerintah Kota Banjarmasin mengucapkan terimakasih karena apresiasi yang setinggi-tingginya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ini bukti bahwa Banjarmasin adalah salah satu dari 60 Kota di Indonesia yang bergabung dalam jejaring Kota Pusaka Indonesia," ungkap Ibnu disela kegiatan, Sabtu, (11/09/21). 

Selain itu, Festival Sahang 2021 Jalur Rempah Banjarmasin itu menurutnya sebuah event yang sangat penting. 

Pasalnya, jalur rempah adalah warisan dunia dan Banjarmasin termasuk salah satu titik yang dijadikan jalur rempah nusantara. 

"Tentu harus dijadikan sebagai referensi untuk memperkaya rencana Indonesia untuk mengajukan jalur rempah nusantara sebagai jalur rempah warisan dunia ke UNESCO yang akan datang," ungkapnya. 

Ibnu menerangkan, dalam sejarah, Banjarmasin sudah diakui sebagai Jalur Rempah Nusantara karena memang salah satu penghasil lada yang sangat terkenal pada abad ke 17. 

Ia pun memastikan, bahwa pemerintah betul-betul memperhatikan agar jalur rempah ini menjadi warisan kota. 

"Nah makanya warisan kota, warisan daerah, warisan budaya yang saya kira harus di lestarikan," tegasnya. 

Ke depannya, pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai Itu pun berharap agar kegiatan ini bisa terus dilaksanakan setiap tahun. 

"Dan tentunya juga akan mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan warga Kota Banjarmasin," harapnya. 

Sekadar informasi, festival tersebut juga dilaksanakan secara daring dan luring serta berjalan khidmat dan juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Berbagai pertunjukan seni dan budaya ditampilkan dalam festival itu, diantaranya pementasan seni Madihi dan Mamanda,  Pencak Silat, Fashion show sasirangan, Pengautan Nasi Astakona oleh Wali Kota Banjarmasin, demo kuliner khas Banjarmasin oleh chef Agus Sasirangan, penampilan lagu lagu banjar oleh musisi muda Kota Banjarmasin serta tak ketinggalan Diskusi Buku tentang Jalur Rempah di Kota Banjarmasin., kemudian expo UMKM dari Dekranasda dan Pokdarwis Kota Banjarmasin. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!