Ibnu Harapkan Kampung Iklim di Banjarmasin Bertambah Untuk Jaga Perubahan Iklim

hallobanua.com, Banjarmasin - Kota Banjarmasin saat ini memiliki 17 Kampung Iklim yang tersebar di beberapa wilayah. 

Program Kampung Iklim (ProKlim) sendiri merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). 

Tidak hanya itu, program tersebut juga memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah 

Dalam rangkaian hari jadi Kota Banjarmasin ke-495, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, berharap Kampung Iklim di Banjarmasin akan terus bertambah. 

"Kami berharap ini bisa diperbanyak lagi. Diantaranya kampung-kampung yang ramah lingkungan. Sehingga kota Banjarmasin bertambah sejuk," ungkapnya saat meresmikan kampung Iklim di kawasan Komplek A Yani 1, Jl. Veteran, pada Minggu (19/09/21) pagi. 

Dalam kesempatan itu, Ibnu juga sempat meresmikan Bank Sampah Seroja, yang merupakan Bank Sampah ke 300 di Kota Seribu Sungai ini. 


"Tadi juga kita resmikan Bank Sampah Seroja. Alhamdulillah ini bank sampah ke 300 di 52 Kelurahan, dengan 1 Bank Sampah Induk di Banjarmasin Utara," terangnya. 

Nantinya seluruh Bank Sampah dibawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin itu, dapat mengurangi sampah dari sumber. 

"Sehingga sampah organik dan non organik, sampah basah dan kering dipilah. Karena sangat membantu petugas kita ketika masuk TPA terpilah dengan baik. Karena kalau sampah itu dipilah maka akan berharga," kata Ibnu. 

Ibnu pun berharap kedepannya fungsi Bank Sampah dapat mereduce atau mengurangi volume sampah di Kota Seribu Sungai. 

rian akhmad/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!