Ini Dia Puncak Rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin Ke 495

hallobanua.com, Banjarmasin - Puncak perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-495 bakal dihelat oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin dalam waktu dekat. Tepatnya pada hari Jum'at, tanggal 24 September 2021 ini. 

Dengan mengusung tema Kayuh Baimbai Untuk Mewujudkan Kota Banjarmasin Baiman, Barasih wan Nyaman dan Lebih Bermartabat, peringatan Harjad Kota Seribu Sungai sangat berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.Mengingat saat ini pandemi masih melanda. 

Meski tidak semeriah seperti tahun lalu, namun, sejumlah rangkaian untuk menyemarakkan Harjad Kota Banjarmasin ke 495 tahun 2021 ini pun telah menjadi agenda tahunan Pemko Banjarmasin. 

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengungkapkan bahwa rangkaian utama kegiatan hari jadi yakni dimulai dari ziarah ke Makam Sultan Suriansyah, Jl. Kuin Utara No.220, Kuin Utara, Kec. Banjarmasin Utara, oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin. 

"Puncaknya diawali dengan pelaksanaan ziarah ke makam  Sultan Suriansyah, Kuin," ungkap Ibnu saat konfrensi pers, Selasa petang,  (21/09/21). 

Setelah ziarah,  dilanjutkan dengan melaksanakan rapat paripurna istimewa bersama jajaran SKPD, di gedung DPRD Kota Banjarmasin. 

"Jadi acara intinya dari perayaan Hari Jadi Kota Banjarmasin itu saja," terangnya. 

Meskipun dilaksanakan secara sederhana, hal itu menurutnya tidak mengurangi makna perayaan hari jadi. 

Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih melanda serta Banjarmasin masih menerapkan PPKM level IV. 

"Ini saya rasa tidak mengurangi semangat kesyukuran kita akan hari jadi Kota Banjarmasin," tuturnya. 

Ditambahkan walikota peringatan sederhana itu setidaknya menjadi suatu tantangan untuk semangat kayuh baimbai menuntaskan masalah Covid-19, normalisasi sungai pasca banjir dan agenda lainya. 

Adapun target kedepan kepemimpinan Ibnu-Arifin ini ujarnya yakni menyelesaikan 3 agenda utama yang termasuk dalam visi-misi Baiman 2021-2026 

"Kita prioritaskan tiga  pertama membenahi atau revitalisasi sungai untuk menunjang sarana. Kedua pemulihan ekonomi yakni melahirkan wirausaha baru berbasis UMKM dan terakhir yakni Pelayanan Publik yang cepat dan murah serta tidak bertele-tele," pungkasnya. 

Sebelum melaksanakan seluruh rangkaian tersebut,  Pemko juga akan melaksanakan sholat hajad bersama seluruh pimpinan SKPD bersama Forkopimda Banjarmasin, di Balai Kota Banjarmasin, pada Kamis.malam (23/09/21). 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!