Ini Dia Strategi untuk Mencapai Herd Immunity di Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin – Capaian vaksinasi salah satu menjadi penetu level PPKM, hal itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 44 tahun 2021. Di Kota Banjarmasin sendiri, capaian vaksinasi masih di bawah 50 persen.

Untuk mencapai target vaksinasi tersebut, jajaran Dinkes Kota Banjarmasin bersama Satgas Covid 19 terdiri dari Polri dan TNI, bersama KKP , terus memperkuat koordinasi.

"Hari ini telah disepakati 11 poin, untuk percepatan herd immunity di Banjarmasin. Seperti vaksinasi gotong royong, menggiatkan door to door, menambah pos pelayanan. Termasuk meminta Forkopimda mengawal permohonan vaksin yang diajukan dan menjamin tidak ada keterlambatan," ungkap Kadinkes Banjarmasin, Machli Riyadi saat ditemui awak media di kantornya, Senin, (27/09/21) sore. 

Machli menargetkan, herd immunity dapat dicapai paling lambat pada tanggal 12 November mendatang. Tepanya pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2021. 

"Ini menjadi target kesepakatan kita dengan prinsip kayuh baimbai atau keroyokan, agar mencapai itu," terangnya. 

Selain itu, capaian 100 ribu sasaran vaksinasi dalam waktu paling lama 1 bulan dari walikota pun, menjadi target dalam rapat itu. 

"Di bulan Oktober sudah tercapai 100 ribu tadi. Itu yang diharapkan," timpalnya. 

Tidak hanya itu, dari hasil rapat koordinasi itu, pihaknya juga bakal menggiatkan vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah dan menambah pos pelayanan vaksin di rumah sakit, untuk memberikan vaksin kepada masyarakat. 

Lebih jauh Jubir satgas Covid-19 Banjarmasin itu menyampaikan, bahwa capaian vaksinasi yang harus dikejar dalam waktu dekat sebesar 50 persen. Hal ini merupakan salah satu syarat, jika ingin keluar dari PPKM level IV. 

"Capaian vaksinasi sampai 26 September 2021 sebesar 47,43 persen. Jadi tinggal sedikit lagi untuk bisa keluar dari level IV. Kita targetkan dalam 4 hari kedepan sudah bisa mencapai 50 persen," tutup Machli. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!