Jembatan Alalak 1 Sekarang Boleh Dilewati, Kepala BPJN: Ini Uji Coba dan Hanya Roda 4 dan 2 Saja

hallobanua.com, Banjarmasin - Akhirnya, Warga Kalimantan Selatan (Kalsel) dapat melintas di Jembatan Alalak 1 pada Minggu, (26/09/21). 

Terlihat di jembatan yang menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala itu, untuk kendaraan roda 2 dan 4 bisa masuk dan melalui jembatan. 

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Syauqi Kamal mengatakan, uji coba pembukaan Jembatan Alalak 1, dilaksanakan atas dasar instruksi dari Presiden Republik Indonesia dan juga Kementrian. 

"Jadi sifatnya ini hanya uji coba saja, jadi kendaraan yang melintas pun akan dibatasi. Yang boleh melintas hanya kendaraan roda 2 dan juga roda 4 milik pribadi," ujar Syauqi kepada awak media, Minggu, (26/09/21) 

Menurutnya, Jembatan Alalak 1 ini masih belum diresmikan, jadi untuk kendaraan diluar dua kategori tersebut tidak diperkenankan melintasi jembatan cable stayed pertama di Indonesia itu. 

"Jadi untuk mobil penumpang, truck ataupun mobil besar lainnya, baru boleh melintas setelah peresmian jembatan sudah dilaksanakan," kata kepala BPJN Kalsel itu 

Sementara itu, Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Kalsel, Kombes Much Nur Subchan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi bersama beberapa instansi terkait, untuk pengamanan selama Jembatan Alalak 1 diuji cobakan. 

"Kita sudah berkordinasi dengan pihak Lantas, Satpol PP dan juga Dishub. Jadi semuanya terlibat dalam pengamanannya," ucapnya. 

Selain itu, ujar Subchan, untuk pejalan kaki masih belum diperbolehkan melintasi Jembatan Alalak 1. 

"Kita juga berusaha mengantisipasi agar tidak terjadinya kerumunan massa, jadi untuk pejalan kaki masih belum bisa diperbolehkan melintas. Parkir diatas jembatan juga tidak diperbolehkan," pungkasnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!