Kasus Menurun, Isoter Tetap Disiagakan

hallobanua.com, Banarmasin - Status PPKM di Banjarmasin saat ini  menurun. Bahkan Pemerintah pusat pun sudah tidak memasukan Kota Banjarmasin pada status PPKM level IV. 

Meski begitu,  fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter) yang dibuka Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, di Jalan Batu Besar, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah, masih dipergunakan. 

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Edy Wibowo pun mengaku terus mensiagakan anggotanya di Rumah Sehat Karantina Baiman itu. 

"Dengan masih adanya warga yang menjalami isolasi mandiri (isoman) di Isoter, maka diputuskan keberadaan anggota di situ diperpanjang sementara hingga akhir bulan ini," ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (17/09/21). 

Edy menjelaskan bahwa sejak awal gedung itu difungsikan, anggotanya yang ditugaskan di sana dijadwalkan hanya bertugas hingga hari Jumat (17/09/21) ini saja. 

"Namun, tidak menutup kemungkinan hal itu akan terus diperpanjang jika pasien Isoter masih ada atau bertambah," jelasnya. 

Adapun anggota BPBD Kota Banjarmasin yang bertugas di Isoter yakni berjumlah 4 orang. 

Keempatnya, berjaga secara umum dan membantu Tenaga Kesehatan (nakes) dalam hal penanganan non medis. 

Saat ditanya terkait berapa anggaran dana operasional Isoter itu, Edy menyebut anggaran yang disediakan sebesar Rp2,5 miliar yang diperuntukan membayar insentif seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada di Isoter. Kemudian, untuk penyediaan obat-obatan, konsumsi pasien dan lain sebagainya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi, juga mengaku akan terus mensiagakan isoter tersebut untuk penanganan Isoman masyarakat. 

"Sekarang meski turun di level III, isoter masih tetap terus difungsikan," bebernya  Kamis, (16/09/21) tadi. 

Ia pun berpesan kepada masyarakat Kota Seribu Sungai agar terus disiplin menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) meski saat ini kasus terkonfirmasi Covid-19 melandai. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!