KPC-PEN Masih Tetapkan Banjarmasin di Level IV

hallobanua.com, Banjamasin - Data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) untuk luar Jawa-Bali,  Kota Banjarmasin dan Banjarbaru  masih terdaftar dalam penerapan PPKM level IV di Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Ketua KPC-PEN, Airlangga Hartarto , dalam konferensi pers, Senin (20/9/21), secara virtual memaparkan, perpanjangan PPKM Level IV ini diberlakukan dari tanggal 21 September sampai dengan 4 Oktober 2021. 

"PPKM level 4 masih diberlakukan di 10 kabupaten/kota, karena terkait dengan aglomerasi, jumlah penduduk, maupun tingkat vaksinasi masih di bawah 50 persen," ujar Airlangga. 

Sebelumnya, Airlangga juga sempat mengumumkan jika PPKM Level IV di Kalsel tinggal Kabupaten Kotabaru. Sedangkan Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru turun ke Level III.  Namun, saat ini Kota Banjarmasin dan Banjarbaru PPKM Level 4 diperpanjang lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes), Machli Riyadi, juga sempat menyebutkan bahwa Kota Banjarmasin sudah berada pada PPKM level III. 

Hal itu disampaikannya setelah melakukan sinkronisasi data di Kementerian Kesehatan RI di Jakarta pada Selasa (14/09/21) tadi. 

Namun nyatanya, Kota Banjarmasin masuk dalam 10 kabupaten/kota daftar penerapan PPKM level IV. 

Meski begitu, dengan hasil pertemuan tersebut pihaknya masih memiliki beberapa catatan penting yang harus sesegeranya dibenahi. 

Machli pun mengaku akan melakukan penguatan terhadap Testing, Tracing dan Treatment (3T). 

"Kita akan perkuat pelacakan, dan memperbaiki sistem penginputan data dan evaluasi seluruh penghitungan jumlah pasien yang dirawat di ruang isolasi rumah sakit di hari kedelapan setelah ditetapkannya PPKM Level IV pada tanggal 6 September kemarin," pungkasnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!