Lahan Terbakar, Perbatasan Kota Banjarmasin-Kabupaten Banjar Diselimuti Kabut Asap


hallobanua.com, Banjarmasin - Perbatasan Kota Banjarmasin - Kabupaten Banjar dan sekitarnya, Minggu (19/9/21) malam, diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla). 

Pantauan di lapangan, kabut asap tak begitu tebal namun cukup mengganggu indra penciuman dan jarak pandang bagi pengendara. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalsel DR H Abriansyah Alam menjelasakan kabut asap yang terjadi diakibatkan terbakarnya lahan di kawasan Liang Anggang, Banjarbaru. 

"Asap berasal dari lahan yang terbakar di liang anggang, cukup tebal asapnya," katanya. 

Abriansyah menjelasakan, pihaknya sudah berupaya melakukan pemadaman dengan mengerahkan satu unit Heli Water Bombing yang saat itu sedang beroperasi di daerah Tapin dan HSS. 

"Sempat kami padamkan dengan Water Bombing, namun kendalanya waktu yang sangat singkat, karena munculnya api sudah sore, sedangkan Heli tidak bisa terbang malam," jelasnya. 

Selain itu, kebakaran hutan dan lahan disana lokasinya  cukup sulit untuk dijangkau Satgas Darat dalam upaya pemadaman. 

"Rencana besok pagi kami cek dengan patroli udara, bila masih menyala kami kerahkan Heli Water Bombing ke lokasi, Kemungkinan besar tidak terjangkau satgas darat,"ucapnya. 

Dirinya menyebut, dari pantauan Crew Water Bombing luas lahan yang terbakar di kawasan Liang Anggang sekitar 7 Hektar. 

"Dimohon untuk masyarakat meningkatkan kewaspadaan bagi pengguna jalan yang terdampak Asap dan selalu gunakan maskernya sekaligus untuk prokes," tutupnya. 

Dky/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!