Oksigen Konsentrator Telah Tiba di Isoter

hallobanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 5 unit oksigen konsentrator sudah ditempatkan di Gedung Isolasi Terpusat (Isoter), di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) di Jl.Batu Besar, Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah. 

Sebelumnya diketahui, Banjarmasin mendapatkan oksigen konsentrator sebanyak  20 unit dari Panglima TNI yang ditempatkan di RSUD Sultan Suriansyah. 

"Kemarin sepulangnya awak media memantau isoter alat itu datang," ucap Koordinator Perawat di Isoter Baiman, Irwandi, saat dihubungi melalui sambungan telepon. 

Irawandi menjelaskan, oksigen konsentrator itu langsung bisa digunakan apabila nantinya kondisi kesehatan pasien di Isoter tiba-tiba memburuk. 

"Alat tersebut bisa menjadi alternatif, apabila sewaktu-waktu ada pasien yang merasa kekurangan oksigen, sembari menunggu penanganan medis secara intensif," terangnya. 

Selain itu, Irwandi juga mengaku bahwa satu pasien perempuan sebelumnya, telah pulang ke rumahnya karena ingin menjalani isolasi mandiri di rumah. 

"Yang bersangkutan ingin menjalani isoman di rumahnya, karena merasa sudah tua dan merasa sendirian di kamarnya. Kami, di sini tak bisa berbuat banyak selain mengizinkan," ucapnya. 

Namun, pihaknya tetap melakukan pemantauan, yakni dengan berkoordinasi dengan petugas di tempat tinggal yang bersangkutan. 

Selain itu, lanjut Irwandi, ada tambahan lagi dua orang pasien laki-laki yang masuk dan menjalani perawatan di Isoter. 

"Jadi, sekarang ini ada dua pasien baru yang mendiami isoter," pungkasnya. 

Menurutnya, mereka yang menjalani isoman, memerlukan waktu setidaknya sepuluh hari untuk istirahat. 

Namun apabila mereka yang menjalani isoman adalah pasien bergejala, maka perlu tambahan waktu tiga hari.  

rian akhmad/may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!