Pemkab Tanah Bumbu Berikan Latihan Menjahit Kepada Warganya Agar Mandiri

hallobanua.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu terus berupaya meningkatkan keahlian masyarakatnya agar dapat berpenghasilan, dan mandiri.

Upaya itu dilakukan Pemkab Tanbu lewat Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) dengan mengadakan pelatihan menjahit.

Pelatihan itu, dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Tanbu Kecamatan Kusan Hilir yang dibuka pada Rabu (15/9/2021) lalu.

Sekedar diketahui, kegiatan ini diselenggarakan sebagai implementasi program pelatihan kerja, dan produktifitas tenaga kerja yang ada di Disnakertranskop UM. Pelatihan ini juga berdasarkan aspirasi dari pemerintah desa dalam Musrenbang.

Adapun pesertanya berasal dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Kusan Hilir, Batulicin, dan Simpang Empat.

Kasi Sarana dan Prasarana Kecamatan Kusan Hilir, Suhaimi mengatakan, program pelatihan menjahit yang dilaksanakan bisa menjadi modal keahlian bagi peserta dalam menghadapi kondisi pandemi seperti saat ini.

"Keahlian menjahit yang didapatkan selama pelatihan berpotensi menjadi pekerjaan utama dalam meningkatkan perekonomian keluarga," tuturnya.

Sementara itu, sambutan Bupati Tanbu, dr HM Zairulah Azhar dibacakan oleh Kabid Pelatihan Penempatan Perluasan Tenaga Kerja Disnakertranskop UMKM, Yamani mengatakan, Bupati mengucapkan terima kasih, dan mendukung penuh usaha dinas itu dalam upaya pemberdayaan masyarakat, terutama pengetahuan dan keterampilan dalam bidang menjahit.

Bupati yang selalu hadir saat Musrenbang ini, berpesan agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan mengembangkan potensinya dalam hal menjahit.

"Karena menjahit bisa diimplementasikan menjadi mata pencaharian ke arah usaha yang bersifat mandiri, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat menuju Tanah Bumbu Maju, Mandiri, Unggul, Religius dan Demokratis," tandasnya.

Ags/May

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!