Pemkab Tanbu Lakukan Kegiatan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19

Pemkab Tanbu seusai menggelar kegiatan Penyelamatan Arsip di Dinas Sosial (Foto: Diskominfo Tanbu)

hallobanua.com, Tanah Bumbu - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu terus bergerak melakukan berbagai upaya perbaikan sistem pemerintahannya.

Hal itu terlihat dari upaya dilakukan Pemkab Tanbu lewat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) setempat dengan  menggelar kegiatan penyelamatan arsip penanganan Covid-19 bertempat di Aula Kantor Dispersip, Jumat (24/9/21).

Sekadar diketahui, kegitan penyelamatan arsip ini merupakan bentuk dari tindak lanjut apa diamanahkan oleh Bupati Tanbu melalui Surat Edaran Bupati Tanah Bumbu Nomor : B/045.2/871/Dispersip-K.1.Bup/VII/2020 Tentang Penyelamatan Arsip Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Dalam Mendukung Akuntabilitas Kinerja Pemkab Tanbu.

Pada surat edaran itu, Dispersip Tanbu ditugaskan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaporan daftar arsip dan penyelamatan arsip penanganan Covid-19.

Hasil monitoring dan evaluasi tersebut kemudian dilaporkan kepada Bupati Tanbu setiap 6 bulan sampai dengan setelah pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan berakhir oleh pemerintah.

Plt Kepala Dispersip Tanbu, M. Yusri melalui Kabid Kearsipan Hj. Noryana, mengatakan, arsip penanganan pandemi Covid-19 ini selain merupakan bukti akuntabilitas kinerja juga merupakan sebuah sejarah.

"Dimana nantinya generasi mendatang dapat belajar banyak dari arsip-arsip penanganan pandemi ini," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan penyelamatan arsip bermula dari pengelolaan terlebih dahulu, yang mana pengelolaan dimaksud sebagai bukti akuntabilitas pertanggung jawaban kegiatan dan penyelamatan adalah kaitannya dengan menyelamatkan memori kolektif bangsa.

"Selain secara bersurat, tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga turun langsung ke SKPD terkait langsung dengan penanganan Covid-19, diantaranya Dinas Kesehatan,BPBD,Dinas Sosial, Kecamatan, Kelurahan, dan SKPD lainnya," ujarnya.

Dikatakannya, arsip diselamatkan meliputi arsip kebijakan dikeluarkan oleh pemerintah dalam perkembangan penanganan pandemi dan seluruh arsip tentang Covid-19.

Ags/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!