Penerapan Aplikasi Srikandi Dipercepat Dispersip Tanbu, Begini Manfaatnya

hallobanua.com, Tanah Bumbu - Memiliki beberapa fitur bermanfaat, penerapan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) bakal segera dipercepat oleh pemerintah kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu. 

Hal itu diketahui, saat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tanbu menggelar kegiatan pelatihan diikuti seluruh SKPD lingkup Pemkab setempat yang digelar selama 10 hari bertempat di ruang Digital Live Room (DLR) Diskominfo Tanah Bumbu, Selasa (14/9/21) tadi. 

Kegiatan pelatihan aplikasi Srikandi ini merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan dijadwalkan oleh Pemkab Tanbu untuk percepatan penerapan aplikasi SRIKANDI sekaligus mendukung Sistem pemerintahan berbasis Elektronik (SPBE). 

Di mana, sebelumnya telah ditunjuk sebanyak 3 SKPD sebagai pilot project penerapan aplikasi Srikandi, yaitu Sekretariat Daerah (Setda), Dispersip dan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat. 

Pelatihan aplikasi Srikandi telah dilaksanakan sejak 6 hingga 16 September 2021. Di mana, telah dibuat jadwal pelatihan yang tiap harinya menghadirkan 5 SKPD dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan melalui Kabid Kearsipan Hj. Noryana mengatakan, setelah penerapan aplikasi Srikandi pada 3 SKPD pilot project berhasil, maka target selanjutnya ialah secepatnya melaksanakan pelatihan terhadap seluruh SKPD di lingkup Pemda Tanbu. 

Dikatakannya, apabila seluruh SKPD sudah mampu menerapkan aplikasi Srikandi nantinya Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) akan memberi akun resmi aplikasi Srikandi, dan dapat segera di launching untuk penerapan Srikandi di Pemkab Tanbu. 

"Saat ini Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) sangat antusias, dan mendukung sepenuhnya penerapan aplikasi Srikandi ini," ungkap Kabid Kerasipan Dispersip Tanbu, Hj Noryana. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan pada kegiatan itu juga telah dibuat kebijakan demi terselenggaranya penerapan aplikasi SRIKANDI di Tanbu. 

"Target kita ditahun 2022 akan diadakan sosialisasi aplikasi Srikandi, sekaligus bimtek lanjutan untuk memperdalam lagi penerapan aplikasi ini, semoga kabupaten Tanah Bumbu akan menjadi salah satu pilot project penerapan aplikasi SRIKANDI oleh ANRI." katanya. 

Sebagai informasi, Aplikasi Srikandi memiliki beberapa fitur utama. 

Pertama, penciptaan arsip meliputi pembuatan, pengiriman, dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar-instansi pemerintah. 

Kedua, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh, dan terpercaya. 

Ags/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!