Radistra Sultan Suriansyah Dilengkapi Guiding Block dan Buku Petunjuk Huruf Braille

hallobanua.com, Banjarmasin - Bertepatan dengan ulang tahunnya kedua, RSUD Sultan Suriansyah Kota Banjarmasin juga turut meresmikan Rumah Sakit Ramah Disabilitas Netra (Radistra), pada Sabtu (26/09/21) tadi. 

Radistra sendiri merupakan sebuah layanan bagi bagi warga penyandang tunanetra yang ingin berobat di RSUD Sultan Suriansyah. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi mengaku, inovasi rumah sakit Radista ini merupakan gagasan dari Staff RSUD Sultan Suriansyah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang mengusung Hak Asasi Manusia (HAM). 

Dimana dalam Undang-undang Dasar 45 telah memberikan jaminan bahwa setiap orang berhak untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu. 

"Tentunya tidak hanya sekadar bermutu saja tapi juga mengusung bermartabatnya. Sesuai dengan visi misi pak walikota," ungkap Kadinkes Banjarmasin, Sabtu, (25/09/21). 

"Sehingga ada sebuah jaminan RSUD Sultan Suriansyah bahwa mereka penyandang disabilitas, khususnya netra bisa berobat dengan nyaman," sambungnya lagi. 

Tidak hanya itu, Machli juga membeberkan bahwa pihaknya juga telah menyediakan buku petunjuk huruf braille. 

Buku tersebut guna memudahkan penyandang disabilitas khususnya netra untuk berobat di rumah sakit Radista. 

"Kita juga menyiapkan buku petunjuk dalam bentuk braille dan uji lab juga. Sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat yang berada di kelompok khusus disini sudah kita penuhi. Tentu inilah yang menjadi kebanggaan kita di  Kota Banjarmasin punya rumah sakit yang berpihak pada kelompok-kelompok berkebutuhan khusus," pungkasnya. 

Sementara itu di rumah sakit itu pemerintah juga membangun guiding block guna membantu penyandang disabilitas. 

Sementara, Direktur RSUD Sultan Suriansyah, Muhammad Syaukani mengaku, pembangunan guiding block di RSUD Sultan Suriansyah ini menghabiskan biaya sekitar Rp 198 juta, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021. 

"Kita mengajukan proposal, dan mendapat sokongan dana dari Pemerintah Pusat. Mungkin satu-satunya rumah sakit ramah disabilitas netra di Kalsel," tutupnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!