Siap-Siap, Para Barista Bakal Adakan Festival Kopi Meratus

 

hallobanua.com, Banjarmasin -Barista dan para penggiatbalam di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), akan menggelar FestivalKopi Meratus,   pada 25 sampai 26 September 2021 mendatang di di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). 

Dalam festival yang bertajuk Bincang Kopi dengan tema ‘Save Kopi, Save Meratus” tersebut diinisiasi sejumlah Barista serta penggiat alam di Kabupaten HST 

Turut pula dihadiri penggiat Robusta, Khairullah, Direktur Eksekuif Walhi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kiswori Dwi Cahyono serta tokoh petani Meratus, Kosim. 

Ketua Panitia Festival Kopi Meratus, Friddy Ash Shiddiqie mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat, bahwa di HST merupakan salah satu penghasil kopi di Kalsel. 

Hal itu dibuktikan dengan adanya pengrajin kopi cukup legendaris yang saat ini masih eksis dengan brand Kopi Tiga Kunci sebagai kopi lokalnya. 

“Jadi kegiatan ini ajang mengingatkan juga bahwa dulu di HST penghasil kopi, namun akhirnya petani bergeser ke tanaman karet. Sekarang, seiring berkembangnya usaha kafe, selain prospek pasar yang potensial, menjadi relevan agar budidaya tanaman kopi  kembali dibangkitkan para petani di HST,” katanya. 

Pemilik kafe Diary itu berharap, para pelaku usaha kopi nantinya dapat menggunakan kopi lokal mengingat selama ini  kopi di kafe-kafe dipasok dari luar daerah. 

Selain itu, melalui budidaya perkebunan kopi diharapkan memberi kesejahteraan kepada masyarakat setempat. 

"Khususnya di wilayah pegunungan Meratus kan alamnya cocok untuk tanaman kopi. Diharapkan pemilik usaha kafe nantinya juga menggunakan produk kopi lokal," tuturnya. 

Tidak hanya, itu kegiatan tersebut juga sebagai ajang mengenalkan keindahan alam pegunungan Meratus yang harus dijaga dan dilestarikan. 

Dalam kegiatan dengan menggandeng hallobanua.com sebagai media partner tersebut, tidak hanya bincang kopi. Kegiatan juga diisi denga penanaman bibit kopi, serta kopi camp di kawasan rumah petani Kosim di Desa Hinas Kiri. 

Penulis : rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!