Sinkronkan Data Dengan Pusat, Pemko Kirim Kadinkes Ke Pusat

hallobanua.com, Banjarmasin - Hasil evaluasi PPKM level IV di Minggu pertama ini, kasus Covid-19 di Banjarmasin sudah sangat melandai. 

Terkait hal itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun optimis bahwa PPKM selanjutnya akan turun ke level III. 

"Alhamdulillah kasus positif sudah jauh berkurang. Dulukan sempat menyentuh angka 22000 kalau sekarang sudah diangka 200-300. Jadi landai sekali," ucapnya, Senin (13/9/21) tadi. 

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Sultan Suriansyah, sudah mulai mwngalami penurunan cukup signifikan. 

"Rumah Sakit Sultan Suriansyah pun sudah tinggal berapa orang pasien untuk Covid-19. Kalau dulu sempat kita siapkan 125 tempat tidur dengan pasien sampai 70 orang yang dirawat," kata  Ibnu. 

Memastikan data dari pihaknya tak berbeda lagi dengan Pemerintah Pusat. Rencananya, Ibnu Sina juga mengutus Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi untuk berkoodinasi dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes (RI) di Jakarta. 

"Saya mengutus Kadinkes untuk berkoordinasi dengan Kemenkes di Jakarta untuk memastikan bahwa data kita sinkron dengan pusat, karena kemarin menurut data kita sebenarnya level III, sementara data Kemenkes yang diumumkan Kemenko kita berada di level IV," imbuhnya. 

Ia pun berharap validasi data keduanya, dapat menurunkan status leveling PPKM level akhir, yang masih disandang Kota Seribu Sungai. 

"Mudah-mudahan sinkron sehingga nanti di evaluasi terakhir betul-betul di level 3 atau bahkan bisa ke level 2. Jadi ketika diumumkan jangan berbeda lagi statusnya dengan yang kita yang sudah evaluasi tiap minggunya," pungkasnya. 

Disisi lain, ia tetap mengingatkan warga kota Banjarmasin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Guna menghindari terjadinya lonjakan kasus kembali. 

"Terpenting adalah ketika sakit segera berobat ke Puskesmas dan segera melakukan isolasi mandiri," tutup Ibnu. 

Rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!