Swab Antigen Gratis untuk Peserta CPNS

hallobanua.com, Banjarmasin - Swab antigen gratis untuk peserta tes CPNS dan PPPK tahun 2021 di Banjarmasin, disambut gembira calon peserta. 

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggratiskan bagi seluruh peserta, yang menjadi syarat ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). 

Adapun jadwal pelaksanaan SKD CPNS dilaksanakan mulai dari hari Minggu tanggal 19 sampai  Rabu 22 September 2021. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, Machli Riyadi, mengatakan pihaknya mengalokasikan sebanyak 12 ribu pieces swab antigen, khusus untuk warga kota Banjarmasin yang akan mengikuti SKD CPNS 2021. 

"Bagi warga luar Banjarmasin silahkan tes swab antigen di masing-masing daerah," ucap Machli, Jumat (10/09/21). 

Tentunya, pelaksanaan swab antigen harus dilakukan para peserta satu hari sebelum mengikuti SKD. 

Namun ternyata, banyak peserta tes CPNS bingung karena yang terjadwal di hari Senin harus melakukan swab antigen pada hari Minggu. Akan tetapi, pada hari tersebut, layanan di puskesmas tutup. 

Akhirnya, peserta tes di hari Senin terpaksa melakukan swab antigen secara mandiri di Fasilitas Kesehatan (Fasyenkes). 

"Karena hari Minggu itu pelayanan di Puskesmas tutup, maka terpaksa yang tes di hari Senin antigen secara mandiri dulu. Apa boleh buat, bayar di fasyankes yang lain," ucapnya. 

Namun berselang beberapa waktu, Machli  bahwa mengatakan bahwa hasil pemeriksaan antigen bisa berlaku untuk 3 X 24 jam. Khusus untuk memfasilitasi peserta yang mengikuti SKD di hari Senin. 

"Berdasarkan kebijakan Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarmasin karena yang diperiksa orang Banjarmasin dan untuk kepentingan SKD. Tidak untuk penerbangan," sambungnya.

Sedangkan dari ketentuan Badan Kepegawaian Nasional (BKN), hasil tes swab antigen bagi peserta hanya berlaku untuk 1 X 24 jam. Sementara untuk hasil tes swab PCR 2 X 24 jam. 

"Aturan itu tidak memperhitungkan bahwa Puskesmas hari minggu tutup," ujarnya. 

Saat disinggung apakah ada jaminan bagi peserta tetap bisa mengikuti SKD di hari Senin dengan hasil tes antigen 3 X 24 jam tersebut? Machli hanya mengaku akan mencoba berkoordinasi dengan BKD Provinsi dan Kota Banjarmasin. 

"Ini berarti kebijakan daerah penting," pungkas Machli. 

Dari flayer update di Instagram @dinkesbanjarmasinnews, setidaknya ada dua persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan layanan gratis tersebut. 

Peserta  mempunyai KTP atau surat domisili warga Banjarmasin. Kemudian menunjukan kartu peserta ujian SKD tahun 2021. 

Sedangkan tempat pelaksanaannya, dilakukan di setiap puskesmas tempat tinggal domisili. 

rian akhmad/may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!