Terdampak Pandemi, Ini Cerita Pedagang Pasar Terapung Muara Kuin

hallobanua.com, Banjarmasin - Ada hal yang menarik saat perayaan hari jadi kota Banjarmasin ke 495 di Makam Sultan Suriansyah Jl. Kuin Utara pada Jumat, (24/09/21) pagi kemarin. 

Terlihat ada  sebuah gerobak unik berbentuk jukung yang menjajakan buah-buahan serta miniatur jukung khas Banjarmasin. 

Rupanya gerobak dagangan itu milik Fahrul (55), pedagang yang memodifikasi gerobaknya. 

"Kalau mau jalan, cukup tarik tali ini. Tiang besi pun masuk ke dalam badan jukung. Tinggal dorong lagi," ucapnya saat dibincangi kawan media 

Ia menuturkan, jauh sebelum membuat jukung dorong, sebenarnya ia seorang pedagang di Pasar Terapung Muara Kuin, kurang lebih 20 tahun. 

Namun saat pandemi Covid-19 ini, ia mengubah haluan menjadi pedagang di darat. 

Pasalnya berdagang di Pasar Terapung Muara Kuin kian meredup. Banyaknya pedagang tak sebanding dengan banyaknya pengunjung. 

Saat itulah, ia juga memutuskan untuk berjualan di darat. Tujuannya tentu agar dagangan yang dijajakannya cepat laku. 

"Sekarang, kalau saya ingin berjualan di air, saya tinggal pakai jukung beneran. Kalau di darat, saya pakai jukung yang ini," tuturnya. 

Fahrul juga mengaku, saat ini ia lebih sering berdagang di darat daripada disungai. 

"Lebih banyak berkeliling dengan jukung dorong ini. Hampir tiap hari, dari pagi sampai jam 4 sore. Kalau di pasar terapung seminggu paling 1 atau 2 kali saja," pungkasnya. 

Seperti diketahui, meredupnya pamor Pasar Terapung Muara Kuin, membuat Pemko Banjarmasin mengambil sikap. 

Pada tahun 2020, tepatnya pada 11 Januari lalu, pemko meresmikan Pasar Terapung yang berada di siring seberang Kompleks Makam Sultan Suriansyah. 

Saat peresmian itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan bahwa upaya yang dilakukan pihaknya bertujuan menghidupkan kembali salah satu warisan budaya sungai, Pasar Terapung. 

"Pasar terapung adalah brandingnya Kota Banjarmasin. Ketika berbicara tentang pasar terapung, maka ingat dan datang ke Kota Banjarmasin," kata Ibnu. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!