Usai Hari Jadi, Pemko Rencanakan Buka Kawasan Siring

hallobanua.com, Banjarmasin - Objek wisata Siring Menara Pandang bakal kembali dibuka oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin. 

Rencananya, hal itu dilakukan seusai peringatan hari jadi Kota Banjarmasin ke 495. Tentunya itu merupakan angin segar untuk masyarakat Banjarmasin mengingat sudah 1 tahun lebih kawasan Siring Pierre Tendean ditutup. 

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu sina mengatakan, meski berada di PPKM Level IV, dalam Inmendagri Nomor 44 Tahun 2021, pemerintah daerah diperkenankan membuka objek wisata. 

"Sesuai Inmen boleh. Tapi hanya 25 persen dari kapasitasnya," ucapnya usai pengukuhan motoris kelotok, kemarin (22/09/21) sore. 

Ia pun meminta instansi terkait dalam hal ini Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banjarmasin untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Seperti, dalam hal penegakan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes). 

"Termasuk, bagaimana teknisnya di tempat pariwisata. Misalnya, mengatur jumlah pedagang kaki lima (PKL) di kawasan pariwisata. Kemudian pengamanannya, yang melibatkan dishub dan Satpol PP. Itu masih dipersiapkan," beber Ibnu. 

Tidak hanya kawasan Siring Menara Pandang, kedepannya pemko juga bakal membuka kawasan Ekowisata Kuin Kacil di kawasan Mantuil. 

"Sedangkan untuk siring, masih dipersiapkan desainnya seperti apa nantinya," pungkas Ibnu. 

Lebih jauh, sebagai persiapan, pemko sendiri kini mulai menata kembali para motoris kelotok wisata. Baik yang berada di kawasan Siring Piere Tendean, hingga di kawasan bawah Jembatan Banua Anyar. 

Pucuk pimpinan Kota Seribu Sungai itu pun berharap, dengan terpenuhinya segala persiapan yang diperlukan nantinya, dan saat objek wisata mulai dibuka, tak ada lagi kendala yang dihadapi. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!