Vaksinasi Belum Sampai 50 Persen, Ini Penyebabnya!

hallobanua.com, Banjarmasin - Ada 3 indikator untuk penurunan leveling PPKM di Kota Banjarmasin, yakni kasus konfirmasi harian, perawatan mingguan dan Bed Uccupancy Rate (BOR) atau jumlah hunian tempat tidur dirumah sakit. 

Saat ini menurut Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, ketiga indikator tersebut menunjuk diangka level III ke bawah. 

Namun, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) sekarang ini memuat presentase vaksinasi jadi menjadi penentu level PPKM. 

Diketahui, capaian vaksinasi Covid-19 kota Banjarmasin masih di bawah angka 50 persen, meski hal ini tertinggi di Kabupaten/Kota di Kalsel. 

Akibatnya, Kota seribu sungai ini masih berada pada PPKM level IV untuk daerah luar Jawa-Bali. 

"Secara komulatif capaian vaksin satu di Banjarmasin 43,64  persen. Dan ini datanya terus berubah," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota  Banjarmasin, Machli Riyadi. 

Ia menegaskan, untuk mengejar target tersebut, pihaknya akan meningkatkan target sasaran penerima vaksin dalam sehari disetiap puskesmas. 

Jika sebelumnya target sasaran hanya 100 orang per hari di setiap puskesmas, maka sekarang ditingkatkan menjadi dua kali lipat, yakni 200 orang per hari. 

"Sesuai Inmendagri Nomor 44 Tahun 2021 capaian vaksinasi sekarang jadi penentu level PPKM. Kami juga sudah menerima tambahan vaksin 90 ribu untuk dibagikan ke seluruh puskesmas dan fasyankes," paparnya. 

Rencananya, selain di puskemas pihaknya juga minta agar vaksinasi dilakukan secara door to door, ke rumah-rumah. 

"Tentunya untuk percepatan vaksin.  Kita juga siapkan reward bagi 10 puskemas dengan capain vaksinasi tertinggi," tambahnya lagi. 

Ditanya apa saja kendala vaksinasi di Kota seribu Sungai saat ini? Machli membeberkan bahwa pihaknya sempat terkendala distribusi vaksin dari Pemerintah Pusat. 

Hal itu akhirnya membuat pelayanan vaksinasi di puskesmas sempat terhenti beberapa hari. 

"Sekarang vaksinnya sudah ada. Jadi kita imbau masyarakat untuk datang ke puskesmas. Kita optimis dalam dua pekan ini capaian vaksin kita bisa menyentuh angka 50 persen," pungkasnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!