Viral Moge Melintas Jembatan Alalak 1, Pengamat: Jangan Mencontohkan yang Tidak Baik

hallobanua.com, Banjarmasin - Sejumlah pengendara moge melintas di Jembatan Alalak 1 yang sejatinya belum diresmikan oleh pemerintah. 

Dalam video yang sempat viral di sosial media, terlihat rombongan moge melintasi jembatan yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Batola itu. 

Menyikapi hal tersebut, pengamat kebijakan publik di Kota Banjarmasin, Ichwan Nor Khalik menyayangkan aksi yang dilakukan oleh para pengendara moge itu. 

"Saya heran, seperti tidak pernah belajar dari kasus-kasus di daerah lain saja. Apalagi sampai ada pengawalan dari aparat kepolisian," ucapnya, Rabu (22/09/21) pagi. 

Pengawalan moge menurut Ichwan, tak ada ketentuan yang mengatur bahwa rombongan moge itu harus dikawal. 

"Sepengetahuan saya, pengawalan itu hanya berlaku untuk kepala negara, ambulans dan pemadam kebakaran," tegasnya. 

Ia pun meminta ketegasan jika memang jembatan itu dibuka atau tidak untuk umum. Agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati fasilitas itu. 

"Kalau memang mau dibuka, sekalian saja dibuka. Agar masyarakat lainnya bisa melintas. Tapi, bila memang belum bisa dibuka dan belum diresmikan, jangan diberikan prioritas untuk moge. Pakailah jalan yang umum. Jangan mencontohkan yang tidak baik," tukasnya. 

Mantan Kasatpol PP Kota Banjarmasin itu pun berharap agar pihak terkait bisa memastikan bahkan menyegerakan pembukaan Jembatan Alalak 1, agar penggunaannya bisa dirasakan masyarakat luas. 

"Apa tidak kasihan melihat masyarakat yang terus merasakan macet. Sudah terlalu sering molornya," tutup Ichwan. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar