Wali Kota Ibnu Sina dan Arifin Noor, Gotong Royong Bersih-bersih Sungai Veteran Bersama Warga dan Komunitas Peduli Sungai melalui Program Balingai

hallobanua.com, Banjarmasin - Menuntaskan dan mewujudkan program prioritas, salah satunya  normalisasi  sungai di Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota (pemko) Banjarmasin terus gencar membenahi sungai-sungai di kota ini.

Seiring dengan memperingati Hari Jadi ke 495 tahun Kota Banjarmasin,  Pemko Banjarmasin beserta jajaran dan dinas serta komunitas peduli  lingkungan, dan pihak  terkait lainnya, dibawah komando langsung Wali Kota H Ibnu Sina dan wakilnya H Arifin Noor, menggelar kegiatan “balingai sungai” (Banjarmasin Peduli Sungai).

Aksi bersih-bersih sungai dilakukan di sepanjang Sungai Veteran Jl Veteran Banjarmasin, mulai Pasar Kuripan hingga ke Tempekong, Sabtu pagi (25/9/21).

Sungai Veteran menjadi sasarannya ‘beberasih sungai” (bersih-bersih sungai,red), mengingat kawasan disana cukup berdampak pada banjir awal tahun lalu.

Sejumlah komunitas peduli sungai dan jajaran pemko Banjarmasin dibantu warga sekitar, bersih-bersih sungai dilakukan dengan spirit kayuh baimbai, gotong royong membersihkan sungai di sepanjang Jl Veteran tersebut.

Agar kondisi Sungai Veteran tetap terjaga kebersihannya, turut dilarutkan cairan Eco Enzyme, cairan hasil dari fermentasi limbah dapur organik yang dapat berfungsi untuk menjernihkan air, merupakan  bantuan dari komunitas eco enzyme di Kota Banjarmasin.

Tak hanya itu, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina juga menebar ribuan bibit ikan Pepuyu, di Sungai Veteran.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, kegiatan itu merupakan gerakan bersama masyarakat untuk merawat dan menjaga Sungai di Kota Banjarmasin. 

Dalam kesempatan itu, Ibnu juga turut mengukuhkan Komunitas Peduli Sungai Vateran yang terdiri dari tokoh masyarakat serta warga setempat kawasan Jl. Veteran. 

"Tentunya kita semua bahu membahu untuk menjaga lingkungan. Kemudian Pemko tentunya juga melanjutkan normalisasi sungai," ucapnya disela kegiatan Balingai, Sabtu pagi, (25/09/21). 

Ujar Ibnu, kegiatan itu merupakan nomalisasi sungai yang bakal difokuskan di kawasan Sungai Veteran, Sungai A Yani dan Sungai Guring. 

"Veteran nanti akan dikeruk dengan alat berat supaya normal kembali. Walaupun tidak 100 persen karena ada utilitas disitu yang harus dijaga, seperti kabel dan pipa," terangnya. 

Dengan adanya pengerukan tersebut, ujar Ibnu, setidaknya dapat menanggulangi dampak banjir apabila terjadi hujan. 

"Semua unsur silakan terlibat. Ada 200 sungai di Banjarmasin, kalau mengharap pemangku sungai dan satgas kebersihan terlalu berat. Kami berharap, masyarakat memiliki rasa cinta dan kepedulian, ayo sama-sama kita jaga dan kita rawat," harapnya.

Ia juga menghimbau agar warga yang memiliki bangunan yang menutup arus atau berada diatas sungai, untuk membongkar bangunannya. 

"Contohnya di kawasan sungai pandu. Saya harap warga dengan kesadaran untuk membongkar bangunannya. Itu suatu kesadaran yang patut kita berikan jempol. Serta terus jaga lingkungan dan jangan buang sampah disungai," tutupnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!