Wali Kota Resmikan Kampung Iklim, Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai

hallobanua.com, Banjarmasin - Memperingati   World Cleanup Day tahun 2021, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina meresmikan Kampung Iklim, di Komplek A Yani 1, RT. 22 RW. 01, Kelurahan Pengambangan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Minggu, pagi, (19/09/21). 

Kegiatan gerakan kampung ramah Gas Rumah Kaca (GRK) dan Bank Sampah Seroja ini juga termasuk dalam rangkaian memeriahkan  peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 495. 

"Karena isu lingkungan ini juga penting ditengah isu Covid-19. Jadi kita dapat memperhatikan kesadaran warga akan kebersihan lingkungan," ucap Ibnu Sina, Minggu, (19/09/21). 

Walikota pun mengapresiasi komitmen Kampung Iklim, dengan tidak membakar sampah, tidak menggunakan pupuk kimia, menggunakan lampu LED ramah lingkungan serta tidak menggunakan kayu bakar dan minyak tanah saat memasak. 

"Itu diantara komitmen yang mudah-mudahan bisa ditiru oleh kampung lain. Serta kolaborasi masyarakatnya juga," tutur Ibnu. 

Tidak hanya itu, kegiatan yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin itu juga dilanjutkan dengan penanaman pohon di Depan Klinik Gatot Subroto, Jl. Gatot Subroto, Kelurahan Pengambangan, Kecamatan Banjarmasin Timur. 

"Kita tanam pohon lokal. Ada Kuini, Kasturi dan Limau kuit. Kita apresiasi seluruh pihak terlibat. Dan saya apresiasi khusus ini, karena disini sungainya dijaga bersih, saya ucapkan terima kasih," katanya usai penanaman pohon. 

Menurut Ibnu, kawasan tersebut dapat menjadi kawasan percontohan untuk pengelolaan sungai. 

Ia pun berharap, kelestarian lingkungan dan sungai terus dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat. 

"Mudah-mudahan ini juga tetap dijaga dan dipelihara, supaya menjadi temoat yang nyaman dipandang dan menjadi tempat yang sejuk untuk bersantai di Banjarmasin," pungkasnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!