World Cleanup Day 2021, Kegiatan Desa Barasih Dilaksanakan Mahasiwa Bersama Bupati HST

hallobanua.com, Barabai - Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Hulu Sungai Tengah (HST) bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, menginisiasi kegiatan Gerakan Desa Barasih. 

Gerakan ini dilakukan lokasi KKN di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, Kabupaten HST (Hulu Sungai Tengah), Provinsi Kalsel, Kamis (23/9/21). 

Perwakilan mahasiswa KKN UIN Antasari sekaligus sebagai Duta Pepelingasih Kalsel 2021, Irwana Kusuma Ayu mengatakan, kegiatan membersihkan bantaran sungai di Desa Alat dalam rangka Hari World Cleanup Day 2021. 

"Kegiatan ini menadapat dukungan sejumlah SKPD di Pemerintah Daerah (Pemda) HST. Seperti Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata HST, dan Dinas Lingkungan Hidup HST," bebernya. 

Acara tersebut turut dihadiri langsung oleh Bupati  dan Sekda HST. Selain itu, turut hadir juga Ketua LP2M dan dosen UIN Antasari. 

Windri selaku Ketua Pepelingasih HST menjelaskan, tujuan kegiatan ini tak lain untuk mewujudkan desa yang bersih. Dalam hal ini, membersihkan bantaran sungai di Desa Alat dari sampah. 

"Kegiatan ini juga diamksudkan untuk memeperarat tali silaturrahmi antar kami, mahasiswa KKN, pemerintah dan masyarakat sekitar lokasi KKN. Sekaligus juga  mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai," tambahnya. 

Selain membersihkan bantaran sungai, kata Windri, mereka bersama Bupati dan jajaran SKPD juga melakukan pembagian tumbler kepada murid TK dan SD agar mengurangi pemakaian sampah plastik di area sekolah. Serta penanaman pohon untuk penghijauan. 

Sementara itu, Ketua LP2M UIN Antasari Yahya Mof mengapresiasi kegiatan ini. Dia menyebut, terselenggaranya kegiatan ini merupakan wujud kreatifitas cerdas mahasiswa KKN. 

"Ini merupakan kreatifitas yang cerdas. Makanya saya memutuskan datang. Dan saya memaksakan diri harus datang," pungkasnya. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!