36 Wartawan Ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIII

hallobanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 36 wartawan se Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIII, yang dilaksanakanoleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalse, dimulai Jumat, besok, di Gedung PWI Kalsel, hingga Sabtu, 16 Oktober 2021.

Sebelum dilaksanakan UKW, PWI Kalsel sebagai penyelenggara melakukan pembekalan kepada para peserta UKW, Kamis (14/10/21).

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, mengungkapkan, diselenggarakannya UKW ini untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan. 

Tidak hanya itu, UKW juga menjadi acuan sistem evaluasi kinerja wartawan, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. 

"Ini sebagai upaya mewujudkan wartawan yang profesional dalam mendukung pembangunan sesuai UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers," ucapnya, Kamis (15/10/21). 

Kegiatan UKW ini diikuti oleh wartawan dari berbagai media baik cetak, elektronik maupun media online di Kalsel. Terdapat 6 kelas yang terdiri dari 3 jenjang yang diujikan. 

4 kelas jenjang Muda, 1 kelas jenjang Madya dan 1 kelas jenjang Utama. Setiap kelas itu nantinya akan dipandu oleh seorang penguji bersertifikat penguji nasional dari Dewan Pers. 

"Banyak materi yang diujikan seperti menulis berita, kode etik, teknik wawancara dan sebagainya. Meskipun itu sudah menjadi pekerjaan rutin wartawan, kami pikir pembekalan penting dilakukan guna mengingatkan kembali," paparnya. 

Helmie juga mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama pihak PWI Kalsel dengan Sebuku Coal Group dan Pemerintah Provinsi Kalsel. 

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih atas dukungan pihak-pihak yang memiliki komitmen untuk membantu pihaknya dalam meningkatkan kualitas iklim jurnalistik di Kalsel. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!