Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5 Resmi Ditutup, Walikota Harapkan Kain Sasirangan Bisa Mendunia


hallobanua.com, Banjarmasin - Gelaran Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5 tahun  2021, dilaksanakan secara hybrid selama 3 hari, ditutup secara resmi oleh Wali Kota Banjarmasin, Minggu malam (10/10/21). 

Meski sempat diguyur hujan, namun closing ceremony BSF di outdoor Plaza Hotel Mercure Banjarmasin, Minggu malam ( 10/10/21),  berlangsung cukup meriah, dengan tetap menerapkan prokes ketat. 

Selain di outdoor Hotel Mercure, sejumlah undangan dari SKPD lingkup Pemko Banjarmasin juga turut menyaksikan jalannya penutupan BSF disiarkan melalui live relay dilayar video trone duta mall Banjarmasin. 

Dalam sambutannya, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengakui bahwa saat ini tingkat penjualan sasirangan sedang mengalami penurunan. 

Namun baginya hal tersebut masih dalam progres yang positif di tengah kondisi Pandemi Covid-19. 

Dikatakan nya selama  pelaksanaan BSF tahun ini transaksi yang dihasilkan selama 3 hari pelaksanaan  bazar UMKM sebesar Rp 125 juta. Berbeda pada tahun-tahun sebelumnya yakni mencapai Rp 350 juta. 

"Memang transaksi mengalami penurunan. Tetapi dimasa pandemi ini itu masih termasuk dalam hal yang bagus," terangnya. 

Namun ia tetap bersyukur bahwa event BSF ke 5 ini bisa terselenggara dengan baik dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat, meski ditengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV. 

Wali Kota dan Wakil Walikota Banjarmasin didampingi isteri, berfoto bersama desainer  Satnic Alexander

Terakhir, Ibnu berharap, kegiatan BSF ini bisa kembali terlaksana di tahun depan. Mengingat dengan event ini, mengangkat budaya Kain Sasirangan hingga bisa  semakin menunjukan peningkatan ke level yang lebih tinggi. 

"Kita komitmen acara ini nantinya terus dilaksanakan. Mudah-mudahan tahun depan event ini bisa kembali terlaksana dengan lebih baik lagi," tutup Ibnu. 

Semarak closing ceremony BSF tadi malam, dimeriahkan dengan penampilan fashion show sasirangan,  penyerahan hadiah lomba. 

Tak kalah menariknya,  motif-motif  sasirangan modern terbaru  diperagakan dalam fashion show. 

Sekadar diketahui, untuk memeriahkan BSF tahun 2021 yang berlangsung pada 8 hingga 10 Oktober 2021 di Atrium Duta Mall dan Hotel Mercure Banjarmasin, digelar beberapa kegiatan. 

Seperti Fashion Carnival Sasirangan, Pemilihan Putra dan Putri Muslimah, Lomba  Model Sasirangan, Talkshow, Forum Diskusi, Lomba Desain Kain Sasirangan, dan Bazar of UMKM Produk, Launching Aplikasi e-commerce. 

rian ahmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!