Disayangkan, Sampah Buangan Pengunjung Berserakan di Areal Kawasan Jembatan Alalak 1

hallobanua.com, Banjarmasin - Pasca diujicobakan,  selain ramai didatangi warga kini Jembatan Alalak 1 kondisinya malah dipenuhi oleh tumpukan sampah. 

Sampah- sampah terlihat berserakan, kesadaran warga terkesan kurang disiplin dalam menjaga kebersihan di sekitaran kawasan Jembatan Alalak 1. 

Padahal, pasca selesai dibangun, jembatan  melengkung pertama di Indonesia lokasinya berada di pintu masuk perbatasan Kota Banjarmasin dan Kabuoaten Barito Kuala itu memang menjadi daya tarik bagi warga sekitar, namun disayangkan justru warga terkesan seenaknya membuang sampah.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Mukhyar, tampak tak ingin ambil pusing dengan persoalan sampah di area tersebut. 

Ia menilai, harusnya masyarakat memiliki kesadaran sendiri akan sampah yang mereka hasilkan. 

"Simpan atau bawalah dulu sampahnya masing-masing, ketika menemukan bak sampah, buang di situ. Jangan dibuang sembarangan," ucap Mukhyar saat ditemui awak media Selasa, (05/10/21) kemarin. 

Selain itu, ia turut menekankan, semestinya pihak pelaksana atau pun siapa yang berwenang terhadap keberadaan jembatan, dapat mengantisipasi potensi adanya sampah yang ditinggalkan pengunjung. 

Mukhyar, Kepala DLH Kota Banjarmasin

Namun nyatanya, menurut Mukhyar, hal itu belum mampu diatasi oleh pihak terkait. 

Tak dipungkiri, hal itu  membuat estetika hingga kemegahan jembatan Sungai Alalak 1 jadi berkurang, akibat buangan sampah. 

Lalu, apakah DLH akan menjaga wilayah jembatan di kawasan Banjarmasin dari sampah yang ditinggalkan masyarakat? 

Disinggung mengenai hal itu, Mukhyar mengaku bahwa pihaknya belum merencanakan hal tersebut. 

Ia mengaku pihaknya hanya akan membantu sesuai batas yang dimiliki kewenangan Pemko Banjarmasin. Itu pun dengan catatan, persoalan sampah itu terjadi terus menerus. 

"Sementara ini kami biarkan saja dahulu. Sampai warga merasa tidak nyaman dengan sendirinya, dengan adanya sampah yang berserakan itu," tutup Mukhyar. 

Rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!