DPRD Banjarmasin Sahkan Perda RTRW dan Perumda PAL

hallobanua.com, Banjarmasin - DRPD Kota Banjarmasin mensahkan dua perda sekaligus yakni Perda Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) tahun  2021 -2041 dan Perusahaan Daerah Pengelola Air Limbah ( PD-PAL) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAL. 

Pengesahan  Perda disampaikan melalui rapat paripurna tingkat II Kota Banjarmasin yang  dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H.Muhammad Yamin dan dihadiri Wali Kota H.Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor, Kamis (7/10/21). 

"Tiga tahun pembahasan RTRW yang luar biasa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat akhirnya perda RTRW disahkan, "kata Ibnu Sina, Kamis (7/10/21). 

Perda RTRW ini akan menjadi acuan atau panduan untuk menata ulang kawasan perkotaan yang semakin padat dengan penduduknya dan bangunannya dalam 20 tahun mendatang.  

Dengan ini, pemko juga telah menginstruksikan para lurah dan camat sebagai perpanjangan tangan pembangunan pemko dan sebagai pengawasan tata ruang dan bangunan. Dengan ini akan menambah lagi penambhaan SDM di kelurahan. 

"Banjarmasin hanya memiliki 98,46 KM persegi sehingga harus ditata dan dimaksimalkan kawasan- kawasan tertentu.  Seperti kawasan steril, premium, kawasan perumahan dll, karena lahan tersedia diperkotaan semakin sempit, oleh karenanya penting untuk dipikirkan, "katanya.  

Sementara untuk PD.PAL berubah status menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PD PAL, menurut Wakil Wali Kota Arifin Noor bahwa PAL penting dipertahankan. Pihaknya pun siap dan konsisten untuk menjalankan perusahaan air limbah ini hingga nanti bisa menghasilkan PAD tambahan bagi kota Banjarmasin. 

" Dengan perubahan akan ada perubahan managemen dan struktur di Perusahaan Air Limbah terbaru agar menjadi perusahaan bisnis plan dan terarah. 

Selain itu juga dipikirkan bersama terkait penyertaan modal, serta bantuan sanitasi dari pemerintah pusat, "tutur Arifin. 

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H.Muhammad Yamin mengatakan, berharap perda RTRW untuk 20 tahun mendatang akan menjadi acuan pembangunan kota. 

Ia berharap juga rencana penataan pembangunan terencana tanpa meninggalkan ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), lahan pertanian berkelanjutan dapat dipertahankan mengingat pemenuhan akan RTH yang masih minim. 

Sedangkan untuk, perumda PAL memang harus memberikan suport dari DRPD Kota Banjarmasin agar bisa berjalan maksimal. 

" Pemerintah pun harus memback up, mendampingi dan mengawasi agar jangan sampai terjadi seperti PD.Pasar yang pernah dibentuk, "katanya. 

Dya/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!