Filosofi Sahang Jadi Tema Lomba Motif Sasiranga di BSF 2021

hallobanua.com, Banjarmasin - Lomba desain motif sasirangan dalam rangka Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 5 tahun 2021, digelar di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Minggu (10/10/21)sore. 

Dari 43 peserta yang mengikuti lomba motif sasirangan, terpilih 8 peserta yang berhak masuk babak final, terdiri dari 4 peserta motif sasirangan pewarna alam dan 4 peserta motif pewarna kimia. 

Penilaian atas ke 8 peserta tersebut dilakukan langsung  Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah dan desainer ibukota pada Minggu (10/10/21). 

Siti Wasilah menuturkan, bahwa lomba desain motif sasirangan kali ini mengangkat filosofi jalur rempah-rempah di Banjarmasin mengenai sahang. 

"Jadi kita ingin mengangkat tentang sahang itu dan ini tentang pengembangan destinasi wisata kota Banjarmasin. Lalu tema ini dituangkan pada kain sasirangan," ucapnya usai acara. 

Ia juga turut mengapresiasi para perajin sasirangan yang telah berhasil menuangkan kreatifitas luar biasanya dari aspek ide, orisinalitas dan filosofi yang terkandung  dalam masing-masing karya. 

"Sudah saatnya kita mengembangkan pariwisata dengan kekuatan narasi melalui filosofinya," tuturnya. 

Selain itu, perkembangnya jaman tentu membuat variasi motif sasirangan kian banyak. 

Baik itu motif abstrak maupun motif yang sudah ada dan di tambah dengan berbagai kreasi yang disesuaikan dengan permintaan konsumen. 

"Harapan kita untuk para perajin ini bisa semakin menyesuaikan karakter konsumen. Disesuaikan mungkin warna cerah masih bagus di Banjarmasin tapi secara nasional mungkin warna soft. Apalagi mengunakan warna alam itu disambut luar biasa sekali dari konsumen luar," tutupnya. 

Diketahui, sehari sebelumnya, pada Sabtu (9/10/21) tadi, lomba desain motif sasirangan ini telah dilaksanakan di Rumah Anno, yang berlokasi di Jalan Kapten Piere Tendean Banjarmasin. 

Rencananya, pemenang lomba akan diumumkan bersama dengan penutupan Banjarmasin Sasirangan Festival yang akan dilaksanakan, Minggu (10/10/21) malam ini. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!