Gelar Musrenbang, Ibnu Sina Gaungkan Pembangunan Kota Berkelanjutan

hallobanua.com, Banjarmasin - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banjarmasin Tahun 2021-2026, Kamis (07/10/21). 

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina membeberkan sejumlah rencana pembangunan yang akan dikerjakan Pemko Banjarmasin dari tahun 2021 hingga 2026. 

Pada 2022 mendatang, ujarnya Pemko Banjarmasin akan melanjutkan pembangunan lapangan sepak bola yang telah direncanakan sejak periode pertama dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di Kota Banjarmasin. 

"Jumlah lapangan sepak bola yang telah dibangun Pemko Banjarmasin dari tahun 2016 hingga 2021 sekitar 3 buah, yakni di kawasan Kecamatan Banjarmasin utara, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Selatan.
Nah, untuk di kawasan Kecamatan Banjarmasin Barat, direncanakan tahun depan akan dilanjutkan pembangunannya," ungkap Ibnu Sina, Kamis, (07/10/21). 

Selain itu, ia berharap para anggota legislatif  kota Banjarmasin untuk mendukung rencana tersebut. 

“Saya kira kita dulu pernah membuat semacam perencanaan untuk membangun setiap kecamatan 1 lapangan bola per kecamatan, jadi bukan stadion internasional. Tahun depan akan kita wujudkan di Banjarmasin Barat, mohon dukungan DPRD,” pintanya. 

Untuk ketersediaan lahannya, Ibnu menegaskan, saat ini lahan untuk pembangunan lapangan sepak bola itu telah tersedia, tinggal alokasi anggaran untuk pembebasan lahannya saja yang perlu disiapkan. 

Selain lapangan sepak bola, Ibnu Sina  juga menyatakan, dalam RPJMD Kota Banjarmasin telah dimasukan perencanaan untuk membuat ruang publik berupa taman. Minimalnya, satu kecamatan memiliki satu ruang publik. 

“Kalau di Banjarmasin Tengah sudah ada Taman Kamboja, di situ juga termasuk bagian Banjarmasin expo. Jadi saya kira prinsip-prinsip ini hendaknya bisa kita laksanakan, ”tutur Ibnu. 

Terkait sarana pelayanan publik, Pucuk Pimpinan Kota Seribu Sungai itu menjelaskan, tahun ini tepatnya di akhir tahun 2021, sebuah ambulans sungai akan dioperasionalkan. 

"Kapal ini akan melayani warga disepanjang bantaran sungai di Kota Banjamasin," terangnya. 

Diterangkannya, sejak memimpin Banjarmasin, arah pembangunan di kota ini menerapkan sistem kolaborasi dengan model pembangunan berkelanjutan serta konsep water front city Banjarmasin. 

Tentunya hal tersebut telah diwujudkan disepanjang siring menara pandang yang dibangun atas dasar kolaborasi  dana dan kolaborasi 5 Walikota. 

“Jadi ini kolaborasi. Itulah model keberlanjutan pembangunan di Kota Banjarmasin,” paparnya. 

Ibnu berharap, semua masukan hasil Musrenbang RPJMD ini nantinya bisa disimulasikan untuk dijadikan masukan bagi pemerintah kota dalam mengambil semua kebijakan pembangunan. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!