Ini Dia Anggaran Untuk Membangun Lima Jembatan Dalam Program Normalisasi Sungai

hallobanua.com, Banjarmasin - Pembongkaran jembatan yang berada di Jl. Pandu RT. 16 RW. 01, sudan dilaksanakan Dinas PUPR Kota Banjarmasin sejak Minggu, (10/10/21) tadi. 

Pembongkaran itu merupakan program pemerintah dalam pencegahan bencana banjir melalui upaya normalisasi sungai. Tidak hanya dibongkar, nantinya jembatan bakal dibangun ulang. 

Kepala Bidang Jembatan di Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiono merincikan jembatan yang dibangun nantinya tak lagi memakai pondasi atau tiang di tengah-tengah badan jembatan. 

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Wali Kota Banjarmasin, tentang prototipe jembatan bangunan gedung (JBG). 

"Tentunya agar tidak menghambat aliran sungai di kawasan Ahmad Yani Banjarmasin. Titik paling rendah jembatan itu 20 centimeter dari permukaan air saat terjadinya banjir. Tidak ada tiang atau pilar di tengah jembatan," jelas Sigit saat dihubungi awak media (12/10/21). 

Selain Jembatan Pandu ujarnya, ada 4 jembatan kawasan permukiman lainnya. Seperti di jalan masuk SD Muhammadiyah 9, Gang Permata, Gang TVRI, dan Gang Andin Rama. Semuanya berada di kawasan Jalan Ahmad Yani. 

Sigit menargetkan, kelima jembatan ditarget rampung tahun ini. Artinya, dinasnya hanya memiliki waktu tak kurang dari tiga bulan. 

"Sesuai teknis, di akhir bulan Desember, semua jembatan sudah bisa dipungsikan seperti biasa," Ungkapnya. 

Pihaknya mengaku menggelontorkan dana sebesar Rp1,8 miliar terkait anggaran yang dibutuhkan untuk pembongkaran sekaligus pembangunan kelima jembatan itu. 

Ditannya bagaimana dengan kelanjutan program normalisasi sungai di kawasan lainnya, seperti misalnya, pembongkaran JBG bukan kawasan permukiman yang ada di kawasan Jalan Ahmad Yani? Mengingat sudah banyak tanda silang yang ditandai PUPR Banjarmasin? Sigit mengaku kemungkinan besar bakal dilanjutkan di tahun mendatang. 

"Dana yang kami miliki terbatas, jadi penanganannya pun juga terbatas. Didahulukan yang skala prioritas. Tapi yang lain akan dilanjutkan di tahun mendatang," pungkasnya. 

rian akhmad/may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!