Insentif Nakes Menunggak, Ini Kata Kadinkes Banjarmasin

hallobanua.com, Banjarmasin - Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kalimantan Selatan (Kalsel), rupanya harus lebih bersabar. Pasalnya insentif nakes kembali mengalami penunggakan, seperti yang disampaikan Kepala Perwakilan BPKP Kalsel Rudy Mahani, belum lama tadi. 

Menurutnya tunggakan terbanyak terdapat di Kota Banjarbaru mencapai Rp 12,5 miliar lebih. Kemudian, Provinsi Kalsel sebesar Rp 6 miliar lebih, disusul Kota Banjarmasin Rp 5 miliar lebih. 

Menanggapi itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Machli Riyadi tak menampik bahwa tunggakan tersebut memang terjadi. 

Namun, secara keseluruhan ia tak mengetahui detail berapa insentif nakes yang dibawah naungannya tertunggak serta tidak mengetahui data tunggakan sebesar Rp 5 miliar itu terjadi di Kota Banjarmasin. 

"Tunggakan ada tapi bulan berapa saya belum melihat," katanya saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (13/10/21) siang. 

Meski begitu, Jubir Satgas Covid-19 itu mengaku, tunggakan merupakan hal yang biasa dan diyakininya tidak lama lagi akan diselesaikan Pemerintah Kota Banjarmasin. 

"Tapi sebenarnya persoalan ini tidak perlu dipermasalahkan dan merupakan hal yang wajar karena mengambil dalam APBD Perubahan," tuturnya. 

Ditanya terkait kapan tunggakan insentif nakes itu ditransfer? Machli menyarankan agar ditanyakan kepada Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin. 

"Tanyakan saja ke Bakeuda sudah ditransfer apa belum," ujarnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bakeuda Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil msngaku, insentif nakes itu diambil dari refocusing anggaran SKPD. Jadi menurutnya, tergantung berapa yang dikeluarkan SKPD. 

Namun untuk mengetahui sudah siap atau tidaknya anggaran tersebut, ia mengaku belum melihat, karena sekarang ini ia masih berada di luar daerah. 

Diketahui, pemerintah daerah yang belum melunasi insentif nakes hingga akhir 2021 maka akan mendapatkan teguran dari Kementerian Dalam Negeri. Bahkan, tidak menutup kemungkinan pemberian sangsi. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!