Jl. Adhyaksa Dibuka Dua Arah, Semua Jenis Kendaraan Diperbolehkan Melintas

hallobanua.com, Banjarmasin - Jalan Adhyaksa kini kembali dibuka menjadi dua arah, sebelumnya hanya boleh dilalui 1 jalur. 

Meski begitu,  masih banyak masyarakat yang belum mengetahui dengan adanya pemberlakuan dua arah dikawasan itu. 

Mengingat cukup lama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin mengubah akses jalan tersebut menjadi 1 arah, untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi,  dikarenakan pembangunan Jembatan Alalak 1 oleh pemerintah. 

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Begjo saat dikonfirmasi awak media mengatakan, terhitung sejak Sabtu malam lalu (09/10/21) tadi. Jajaran Dishub sudah membuka lajur Jl. Adhyaksa kembali dua arah, dari arah bundaran Kayutangi. 

"Kunci krusialnya ada di jalan  Kayutangi. Maka dari itu untuk mengatasinya kita buka jalur Adhyaksa untuk dua arah. Kita uji coba selama sepekan," ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin, (11/10/21). 

Dilanjutkannya, selama sepekan uji coba berlangsung semua jenis kendaraan dari Kayutangi diperbolehkan melintas ke arah Adhyaksa. 

Meskipun diakuinya baru beberapa hari uji coba ini dimulai belum ada perubahan yang signifikan, terkait kepadatan arus lalu lintas di kawasan Kayu Tangi. Utama malam hari di setiap akhir pekan. 

"Untuk memecah krodit lalu lintas di Kayutangi semua jenis kendaraan boleh belok ke kiri ke arah Adhyaksa. Kita juga tempatkan personel Dishub bersama Satlantas," bebernya. 

Namun, bagaimana jika selama sepekan uji coba itu tidak membuahkan hasil? Terkait hal itu, Ia mengaku akan melakukan penelaahan kembali terhadap keberadaan bundaran Kayutangi. 

Kedepannya apakah nanti ditutup sebagian. Artinya pengendara dari jalan Adhyaksa harus belok kiri langsung ke arah Hasan Basry. Alias tidak bisa lagi lurus ke jalan HKSN pada setiap akhir pekan. 

"Kalau ternyata bisa memecah kemacetan akan kita berlakukan dua arah untuk jalan Adhyaksa. Nanti akan kita evaluasi lagi untuk mendapatkan data real di lapangan," tutup Begjo. 

Dari pantauan hallobanua.com pada Senin siang, terlihat kepadatan kendaraan masih terjadi di kawasan Kayutangi. 

Tidal hanya itu, rupanya masih banyak warga dari arah Kayutangi ujung yang masih ragu untuk berbelok kekiri arah Jl.Adhyaksa. 

rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!