Karnaval Fashion Sasirangan BSF 2021 Turut Dimeriahkan Peserta dari Kota/ Kabupaten Lain

hallobanua.com, Banjarmasin - Sebanyak 25 peserta memeriahkan karnaval fashion sasirangan dalam rangka Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke-5 yang digelar di Plaza Mercure, Sabtu (09/10/21) siang. 

Kostum unik dengan berbagai macam tema ditampilkan setiap peserta dalam ajang tersebut. 

Tak ketinggalan, kain motif sasirangan khas suku Banjar turut membalut di pakaian peserta fashion show. 

Menariknya, selain Kota Banjarmasin, sejumlah peserta dari luar seperti Kabupaten Banjar, Tabalong, Banjarbaru, dan Barito Kuala swrta HSS, juga ikut ambil bagian ajang tahunan memeriahkan Hari Jadi Kota Banjarmasin itu. 

Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengatakan, karnival sasirangan ini menjadi ajang untuk ikut melestarikan corak serta motif  kain sasirangan 

"Tidak hanya masyarakat umum, peserta yang ikut juga berasal dari komumitas atau pelaku pariwisata Pokdarwis. Mudahan ini bisa mempertahankan kearifan lokal terutama kain sasirangan," ungkap Hj Siti Wasilah. 

Ia mengakui, karnaval sasirangan kali ini digelar berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Peserta maupun pengunjung yang hadir pun dibatasi. 

"Biasanya karnaval kita gelar di jalan raya dan disaksikan banyak pengunjung. Namun karena pandemi kita gelar secara terbatas," pungkas Istri Walikota Banjarmasin itu. 


Sementara itu, Kepala Disbudpar Banjarmasin, Ikhsan Al Haque mengatakan  dari 25 peserta diambil 7 pemenang., yakni juara 1, 2 dan 3 kemudian harapan 1, 2 dan 3. Lalu juga dipilih juara favorit pilihan dewan juri. 

"Sesuai tema BSF, yakni Nature, Sustainability, dan Empowerment," tutupnya. 

Pemenang dalam lomba fashion show sasirangan tersebut yakni juara harapan pertama diraih oleh nomor peserta 22 dengan nilai 897. 

Kemudian harapan kedua diraih oleh nomor peserta 24 dengan nilai 895. Dan harapan ketiga diraih peserta nomor 08, dengan nilai 880. 

Masing-masing juara harapan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta. 

Sementara untuk juara terbaik 3 diraih nomor peserta 16 dari Kabupaten Batola. Selain tropi dan piagam penghargaan, juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp 3 juta. 

Lalu juara terbaik 2 diraih oleh nomor peserta 14 dari Tabalong dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 4 juta. 

Dan juara terbaik 1 diraih nomor peserta 15 dari kota Banjarbaru, mendapat uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. 

Sedangkan untuk juara favorit, diraih oleh peserta nomor 19 yang mengangkat tema Ksatria Pulau Bromo. 

Penulis : rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!