Kelurahan AKT Jadi Kampung KB Kampung Baiman ke-26

hallobanua.com, Banjarmasin – Dengan dicanangkannya Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kampung Baiman di kawasan Kelurahan Antasan Kecil Timur, menjadikan Kota Banjarmasin memiliki 26 Kampung KB Kampung Baiman.

Pencanangan yang dilaksanakan di Halaman SDN Antasan Kecil Timur 1 itu, ditandai dengan penandatanganan piagam pencanangan Kampung KB Kampung Baiman oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin, Madyan, Rabu siang (6/10/21).

H Ibnu Sina berharap, dengan telah dibentuknya 26 kampung yang menyasar wilayah RT dan RW yang berkategori tertinggal itu, menjadi sebuah sinyal bahwa peningkatan kualitas pembangunan di Kota Banjarmasin sudah lebih terarah. 

“Mudah-mudahan pencanangan kita hari ini dimaknai sebagai dimulainya pembangunan yang lebih terarah, khususnya untuk Kelurahan Antasan Kecil Timur,” harapnya.

Pasalnya, lanjutnya, sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo, bahwa nama Kampung Keluarga Berencana diubah menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, agar sasaran pembangunan tidak hanya terfokus pada Keluarga Berencana, tetapi juga terdapat pembangunan dari sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur.

Kampung KB Kampung Baiman, lanjutnya lagi, dibentuk untuk memudahkan pemerintah kota dalam menertibkan masyarakat untuk memiliki identitas atau administrasi kependudukan. 

Maka dari itu, tandas Ibnu Sina, menjadi kewajiban bagi Dukcapil untuk memberikan dokumen kependudukan, seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA (KTP Anak). 

"Begitu bayi keluar langsung dapat Kartu identitas anak. jadi otomatis 3 dokumen ini yang harus dilaksanakan. Tolong Pak Lurah dibantulah warganya. Itu program yang ada di Kampung KB, Kampung Baiman," pinta Ibnu. 

Ibnu pun berharap, dengan diresmikannya Kampung KB tersebut, agar program pemerintah terus dijalankan. 

"Semoga ini bisa dilanjutkan untuk kegiatan program-program yang lainnya. Serta semoga warganya tambah Sejahtera," tutupnya. 

Dalam kegiatan pencanangan Kampung KB Baiman ini, Wali  Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina juga menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan dan bibit tanaman kepada masyarakat sekitar.

Fandi & Rian/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Install Hallobanua

Klik di sini!